Kamis 10 Sep 2015 01:00 WIB

Perjalanan tak Terlupakan ke San Siro dan Olimpico

Duomo di Milano terlihat di ujung.
Foto:
Duomo di Milano terlihat di ujung.

San Siro

Selain dunia fashion, Milan terkenal dengan dunia sepak bola. Ada dua klub besar yang memiliki penggemar di seluruh penjuru dunia, yaitu AC Milan dan Inter Milan. Kebetulan, kedua klub tersebut bermarkas di San Siro atau Giuseppe Meazza.

AC Milan biasaya menggunakan nama San Siro. Adapun, Inter lebih condong memakai Giuseppe Meazza sebagai bentuk penghormatan klub kepada sang legenda pemain. Hanya saja, stadion ini milik pemerintah kota Milan.

Ketika berkunjung ke sini pukul 09.30, sudah tampak antrean beberapa orang yang membeli tiket masuk untuk bisa melakukan tur stadion. Bagi yang berumur di atas 12 tahun, setiap pengunjung dikenakan tiket 17 euro. Bagi yang berumur 6 sampai 12 tahun, hanya perlu membayar tiket 12 euro. Dan usia di bawah enam tahun, tiket masuk gratis.

Sesi memasuki ruang ganti pemain sangat tidak terlupakan. Dari pintu masuk, kita akan langsung tertuju pada ruang ganti pemain AC Milan. Tentu saja lorong menuju ruang ganti sangat kental dengan nuansa Rossoneri alias merah hitam. Di ruang ganti AC Milan, setiap pemain mendapatkan tempat duduk. Di tengah ruangan, terdapat logo AC Milan.

Bergeser sedikit, kita akan sampai ke ruang ganti pemain Inter Milan. Tidak berbeda jauh, ruang ganti Inter didominasi warna biru hitam. Di sini, kita bisa dengan mudah melihat beberapa pemain Inter ketika meraih treble winners pada musim 2009/2010.

Hanya, suasana ruang ganti pemain Inter berbeda dengan AC Milan. Di Inter, tidak ada kursi empuk yang diduduki pemain yang ikut bertanding. Semua pemain duduk sama rata di bangku melingkar yang tersedia.

Kemudian, kami tentu tidak melewatkan untuk berfoto dari tribun. Saya mendapati, kursi stadion sudah sangat usang. Stadion yang menjadi tempat final Liga Champions musim 2015/16 ini, saat itu sedang dalam renovasi. Kita dengan mudah banyak menjumpai pekerja yang sedang mempercantikan setiap sudut stadion.

Usai keluar stadion, kami berkunjung ke San Siro Store. Toko resmi yang berada di pelataran stadion ini, menjual beragam baju dan jersey duo Milan. Meski harga bajunya relatif mahal, namun rata-rata dari kami hampir semuanya membeli baju sebagai bentuk kenang-kenangan agar teringat San Siro. Saya tidak lupa membelikan jersey Milan keluaran terbaru dengan harga 80 euro!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement