Kamis 16 May 2024 10:48 WIB

Kopi Daun Bawang Viral di Indonesia, Ternyata Bermula dari China

Rasa kopi daun bawang membuat sebagian orang penasaran.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kopi daun bawang atau Spring Onions Coffee, produk terbaru dari kafe Brew And Else. Kopi daun bawang yang saat ini viral bermulai dari China.
Foto: Dok. Instagram/@brewandelse
Kopi daun bawang atau Spring Onions Coffee, produk terbaru dari kafe Brew And Else. Kopi daun bawang yang saat ini viral bermulai dari China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa hari terakhir, kopi daun bawang banyak diperbincangkan di kalangan warganet. Rupanya, kopi daun bawang bermula dari China. Sesuai namanya, kopi ini berisi es kopi dengan topping daun bawang hijau segar.

Racikan kopi daun bawang atau spring onion coffee ini menjadi viral setelah diunggah oleh seorang TikToker asal China bernama @chinesewithmia. “Spring onion coffee sedang viral di China,” tulis dia dalam caption-nya.

Baca Juga

Dalam videonya, @chinesewithmia memperlihatkan proses pembuatan kopi daun bawang. Pertama, ia memasukkan daun bawang yang sudah dipotong-potong ke dalam gelas. Lalu dia memasukkan es batu dan memasukkan kopi susu.

Setelah viral, kopi daun bawang ini pun diadopsi ke dalam menu di salah satu kafe di Jakarta. Kafe Brew And Else mempromosikan hal tersebut melalui akun Instagram @brewandelse. Dalam unggahannya, mereka mengatakan bahwa ini adalah Spring Onions Coffee pertama di Indonesia.

“Pertama di Indonesia!! Kopi dicampur daun bawang. Kopi viral yang ada di China sekarang sudah ada di Indonesia,” tulis kafe Brew and Else dalam keterangannya di caption, dikutip Kamis (16/5/2024). Cafe Brew and Else sendiri berlokasi di Ruko Elang Laut PIK, dan memiliki cabang di Surabaya yakni di Citraland Surabaya.

Unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar warganet. Beberapa di antara warganet mengaku penasaran dan ingin mencicipi kopi viral tersebut.

“Pecinta kopi harap coba,” komentar akun @sher**.

“Akhirnya kesukaan aku ada di sini. Cus lah ajakin kak @ind**,” kata pemilik akun bernama @apri**.

Namun demikian, banyak juga di antara warganet yang mencibir dan menilai kopi tersebut adalah tren yang tidak jelas dan merusak citarasa kopi. “Sebagai penikmat kopi, lihat kopi daun bawang jadi viral jadi berasa kopi jadi low class banget ya dibuat kayak gini,” komentar akun @imob**

Gue pencinta kopi tapi demi apapun ini merusak citra lokal kopi di Indonesia. Demi viral sampai kopi aja segala dibuat topping yang di luar nalar, enggak sekalian aja pake micin,” komentar akun @mel**.

Manfaat daun bawang

Mencampurkan daun bawang ke dalam racikan kopi memang tidaklah lumrah. Dalam masakan Indonesia, daun bawang biasa ditemukan dalam martabak telur, sebagai bagian dari sup, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.

Adapun jika dilihat dari segi kesehatan, daun bawang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir laman Netmeds, daun bawang bisa menaikkan sistem imun, menjaga kesehatan jantung, membantu menyembuhkan anemia, mengurangi peradangan kulit, hingga efektif memerangi kanker.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement