Selasa 12 Mar 2024 09:17 WIB

Mengenal Wax Bottle Candy, Permen Lilin yang Lagi Ramai Diulas Influencer

Mungkin ada yang penasaran, apakah wax bottle candy berbahaya jika ditelan?

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Wax bottle candy. Makanan wax bottle candy saat ini banyak diulas oleh food vlogger.
Foto: Dok LOrenta Gourmet Nuts & Goodies
Wax bottle candy. Makanan wax bottle candy saat ini banyak diulas oleh food vlogger.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan wax bottle candy saat ini banyak diulas oleh food vlogger. Permen ini terdiri atas berbagai bentuk. Ada yang berbentuk botol, hati, hingga bunga. 

Salah satu influencer Aina Barara Yuriza dalam konten videonya di Instagram menjelaskan, bagian luar wax bottle candy keras karena perlu dimasukkan ke freezer sebelum dikonsumsi. Bagian luar permen tersebut terbuat dari wax sehingga tidak boleh ditelan. 

Baca Juga

Bagi yang penasaran, wax candy atau permen lilin tersebut biasanya terbuat dari kombinasi lilin, parafin, pewarna makanan, dan perisa. Dilansir Recipes pada Selasa (12/3/2024), permen lilin ini dirancang agar aman dikonsumsi dan memiliki bentuk bermacam-macam,contohnya, bentuk bibir, bentuk botol, atau bentuk balok dan bentuk hati seperti yang dikonsumsi oleh Aina.

Permen ini umumnya aman dikonsumsi. Lilin yang digunakan dalam permen ini aman untuk makanan dan tidak beracun.

Bagi konsumen, yang bertanya-tanya apakah permen lilin bisa ditelan? Jawabannya adalah meskipun permen lilin dalam jumlah kecil aman untuk ditelan, umumnya disarankan untuk mengunyah dan menikmati rasanya sebelum menelan. 

Lilin yang menjadi bahan baku permen ini tidak dimaksudkan sebagai sumber nutrisi yang penting. Jadi, menikmati permen lilin sebagai camilan daripada sebagai makanan penting adalah opsi terbaik. 

L’Orenta Gourmet Nuts & Goodies yang memproduksi wax bottle candy mengemukakan, bukan ide yang bagus untuk mengunyah dan menikmati lilin yang ada di permen tersebut, meskipun boleh. Lilin seperti ini sulit dimakan dan bisa menyebabkan kram perut jika dikonsumsi berlebihan

Cara menikmati permen lilin 

 

Sebelum mulai menikmati permen lilin, konsumen harus memilih jenis, misalnya permen lilin berbentuk bibir, botol, dan bentuk lainnya. Salah satu langkah terpenting dalam menikmati permen lilin adalah mengetahui cara memakannya dengan benar. Mulailah dengan mengupas lapisan luar lilin secara hati-hati untuk memperlihatkan isi permen di dalamnya. 

Setelah menemukan bagian dalam permen, inilah waktunya konsumen untuk menikmati rasa permen lilin. Gigit sedikit demi sedikit permen lilin tersebut dan biarkan rasanya melekat di lidah.

Di sisi lain, konsumen harus memperhatikan tekstur dan konsistensi permen lilin saat mengonsumsinya. Beberapa orang mungkin merasa kesulitan mengunyah atau menelan makanan tersebut. 

Jadi sebaiknya gigit kecil permen lilin dan kunyah dengan hati-hati. Untuk menghindari potensi ketidaknyamanan saat makan, berhati-hatilah terhadap tepi atau titik tajam pada permen lilin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement