Kamis 10 Sep 2015 01:00 WIB

Perjalanan tak Terlupakan ke San Siro dan Olimpico

Duomo di Milano terlihat di ujung.
Foto:
Berfoto di Milano Centrale railway station.

Colosseum

Sampai di Roma Termini yang merupakan stasiun utama ibu kota Italia tersebut, kami langsung dijemput sopir Kedubes Indonesia untuk Italia. Sepanjang hari ini, kami akan diantar ke berbagai lokasi wisata yang ada di Roma. Sekitar pukul 11.50, kami sudah sampai di Colosseum. Kami berhamburan keluar mobil ketika melihat Colosseum di depan mata.

Tempat bertandingnya para gladiator tersebut ternyata sedang direnovasi. Meski udara sangat panas akibat sinar matahari yang terik, namun ribuan turis tetap saja asyik antre untuk bisa masuk ke Colosseum. Ternyata, di sekitar Colosseum banyak bangunan bersejarah lain yang masih berdiri, meski tidak utuh. Hanya yang sedikit mengganggu adalah adanya genangan air yang becek, yang membuat pejalan harus hati-hati agar tidak terpeleset.

Sempat berkeliling sebentar, waktu sudah menunjukkan pukul 12.40. Kami sepakat berkumpul untuk bertemu dengan Dubes Indonesia untuk Italia August Parengkuan. Dalam mobil, saya bertanya dalam hati, bagaimana bisa pemerintah Italia sanggup menjaga bangunan peninggalan Romawi yang dibangun ratusan tahun sebelum masehi, hingga kondisinya tetap terawat seperti sekarang?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement