Ahad 09 Oct 2022 11:19 WIB

Beyoncé Bantah Comot Elemen Lagu Milik Right Said Fred tanpa Izin Buat 'Alien Superstar'

Right Said Fred mengklaim Beyoncé tidak minta izin untuk pakai elemen 'I'm Too Sexy'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Beyonce. Lagu Alien Superstar milik Beyonce dituding memakai elemen musik Im Too Sexy tanpa memperoleh izin dari Right Said Fred.
Foto:

Beyonce mengakui telah menggunakan komposisi lagu mereka, namun itu dilakukan setelah mendapatkan izin dari publisher Right Said Fred. Tidak hanya itu, menurut dia, Right Said Fred bahkan ada di album dan bahkan menyampaikan rasa terima kasih karena diajak kerja sama.

Menurut Beyonce, permohona izin diajukan ke publisher Right Said Fred pada 11 Mei 2022 dan disetujui pada 15 Juni 2022. Mereka dibayar untuk penggunaan komposisi itu pada Agustus 2022.

"Selain itu, persentase hak cipta dari penulis Right Said Fred sehubungan dengan penggunaan 'I'm Too Sexy' adalah bagian yang substansial dari komposisi," kata Beyonce.

Right Said Fred bukan musisi pertama yang mengkritik Beyoncé atas penggunaan sampel dan interpolasi di album barunya. Setelah Beyonce merilis album terbarunya Renaissance, musisi asal AS Kelis mengklaim bahwa Beyoncé menggunakan elemen di lagu "Milkshake" tanpa izin tertulisnya.

Lagu itu kemudian diperbarui pada platform streaming untuk menghapus interpolasi. Ini adalah perubahan besar kedua yang dibuat untuk Renaissance. Sejak merilis Renaissance, Beyoncé telah membagikan EP empat lagu dari remix "Break My Soul", serta remix mandiri yang dipimpin oleh dirinya dan Madonna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement