Jumat 02 Feb 2024 18:12 WIB

Lima Pemenang Piala Oscar Tertua Sepanjang Sejarah

Sejumlah aktor dan aktris menerima Oscar pada usia senja.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Aktor Senior Anthony Hopkins. Hopkins menjadi aktor pria tertua yang memenangkan Oscar.
Foto:

3. Jessica Tandy

Kemenangan Jessica Tandy di Academy Awards sebagai aktris terbaik untuk film Driving Miss Daisy (1989) sempat menjadi kontroversi. Pasalnya, sinema tersebut mengeksplorasi rasisme terhadap masyarakat kulit hitam dan menggambarkan antisemitisme. 

Driving Miss Daisy mengisahkan perempuan tua Yahudi bernama Daisy Werthan (Jessica Tandy) dan sopirnya, Hoke Colburn (Morgan Freeman), yang merupakan keturunan Afrika-Amerika. Namun, tak bisa disangkal akting Tandy memang sangat mengesankan. Dia mendapat penghargaan ini saat berusia 80 tahun dan 292 hari.

4. George Burns 

George Burns adalah aktor pertama di atas usia 80 tahun yang mendapat Piala Oscar di tahun 1976, tepatnya saat dia berumur 80 tahun dan 69 hari. Burns dianugerahi gelar aktor pendukung terbaik berkat peran di film komedi sketsa berjudul The Sunshine Boys (1975).

Burns berperan sebagai Al Lewis (George Burns) yang membentuk duo komedian bersama rekannya, Willy Clark (Walter Matthau). Mereka berpisah jalan karena sebuah perselisihan. Setelah bertahun-tahun, sebuah pertunjukan besar mengharuskan mereka bersatu kembali.

5. Melvyn Douglas 

Dalam usia 79 tahun dan sembilan hari, Melvyn Douglas memenangkan Piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik untuk film Being There (1979). Film drama komedi ini sangat filosofis, di mana Douglas berperan sebagai tokoh bernama Ben Rand. 

Douglas dengan cemerlang menghidupkan karakter taipan penuh kuasa yang mampu memanipulasi presiden dan perekonomian itu. Dia menguasai layar dengan kehangatan dan kesedihan, serta sangat menyentuh memerankan seorang pria di ambang kematian.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement