Jumat 02 Feb 2024 18:12 WIB

Lima Pemenang Piala Oscar Tertua Sepanjang Sejarah

Sejumlah aktor dan aktris menerima Oscar pada usia senja.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Aktor Senior Anthony Hopkins. Hopkins menjadi aktor pria tertua yang memenangkan Oscar.
Foto: EPA
Aktor Senior Anthony Hopkins. Hopkins menjadi aktor pria tertua yang memenangkan Oscar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang sejarah ajang penghargaan Academy Awards, sebagian aktor dan aktris mendapatkan Piala Oscar saat berusia senja. Hal itu sangat luar biasa, sebab memenangkan Piala Oscar dianggap sebagai kehormatan besar yang bisa diperoleh seorang aktor/aktris dalam industri film. 

Dengan usia yang tidak lagi muda, para pemeran ini tetap menunjukkan akting yang sangat mengesankan dalam film sehingga layak mendapatkannya. Berikut sejumlah pemeran yang tercatat paling tua saat mendapatkan Piala Oscar, dikutip dari laman Collider, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga

1. Anthony Hopkins 

Sepanjang sejarah, Hopkins adalah pemenang Piala Oscar untuk kategori aktor terbaik yang paling tua. Dia mendapatkan penghargaan ini dalam usia 83 tahun 115 hari, berkat perannya di film The Father (2020) arahan sutradara Florian Zeller. 

 

Dalam film thriller psikologis itu, Hopkins berperan sebagai pria pengidap demensia bernama Anthony, yang menolak semua bantuan dari putrinya seiring bertambahnya usia. Sinema ini begitu menegangkan, misterius, dan intens, yang salah satunya berkat akting Hopkins. 

2. Christopher Plummer 

Plummer mendapatkan Piala Oscar untuk kategori aktor pendukung terbaik saat berusia 82 tahun dan 75 hari. Piala itu didapat Plummer berkat perannya di film komedi romantis Beginners (2010), di mana dia berperan sebagai pria bernama Hal Fields. 

Hal Fields mengejutkan putranya, Oliver Fields (Ewan McGregor), dengan kabar bahwa dia sekarat karena kanker dan memiliki kekasih seorang laki-laki muda. Plummer bisa memerankan sosok Hal Fields dengan baik dalam film yang humoris sekaligus melankolis. 

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement