Kamis 30 May 2024 21:32 WIB

Trik Iwan Fals Jaga Suara Tetap Stabil: Hindari Rokok dan Rutin Konsumsi Ramuan Herbal

Iwan Fals rutin latihan menyanyi dan berusaha tidak merokok.

Penyanyi Iwan Fals. Iwan Fals membagikan kiat agar tubuh bugar dan suara stabil.
Foto: Antara/Siswowidodo
Penyanyi Iwan Fals. Iwan Fals membagikan kiat agar tubuh bugar dan suara stabil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Iwan Fals membagikan kiat agar tubuh bugar dan suara stabil. Salah satunya dengan selalu menyempatkan berolahraga di sela kegiatan serta mengonsumsi ramuan herbal.

"Saya karate. Dulu, waktu road show di 10 kota, kita paginya sama teman-teman main karate 2-3 jam," kata Iwan dalam sesi wawancara khusus di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga

Ketika ikut serta dalam tur konser bersama Gaung Merah tahun lalu, Iwan juga selalu berusaha menyempatkan diri berlatih karate setidaknya satu kali seusai konser. Iwan kerap menyambangi tempat latihan karate di kota-kota yang dia kunjungi dan berlatih bersama warga lokal di sana.

Selain rutin berolahraga, Iwan berusaha menjaga pikiran tetap jernih dengan membaca hingga melukis. Aktivitas tersebut memberikan kesenangan tersendiri bagi Iwan, dan membantunya mengelola stres saat jadwal manggung padat.

 

 

Untuk menjaga kestabilan suaranya, Iwan Fals rutin latihan menyanyi, berusaha tidak merokok, dan mengonsumsi ramuan herbal. "Ngopi banyak, tapi saya enggak merokok. Seminggu dua kali, ada job (pekerjaan) enggak ada job, saya tetap nyanyi dari jam 10.00 sampai 17.00 sore sama band, latihan," katanya.

Penyanyi dengan lagu hit seperti "Oemar Bakrie", "Bento", dan "Aku Bukan Pilihan" itu juga biasa minum ramuan herbal dan vitamin agar pita suaranya tetap baik. "Jeruk nipis sama kecap. Terus kencur, bawang merah, air hangat, diseduh, diminum. Terus kencur pakai garam kadang-kadang, sama vitamin," katanya.

Iwan Fals juga mengemukakan bahwa baginya, keluarga merupakan pendukung terkuat. Saat ada jadwal manggung, anak-anaknya terlibat aktif sebagai tim kreatif dan penabuh drum dalam band dan istrinya sering membantu menyusun daftar lagu.

"Itu yang membuat saya segar juga, karena perjalanan (tur konser ini) bukan perjalanan saya sendiri," ujar Iwan Fals.

 

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement