Rabu 29 May 2024 05:08 WIB

Indonesia Posisi 6 Masakan Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Beberapa kuliner dari Indonesia mendapat reputasi cukup baik di TasteAtlas.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Siomai. Indonesia berhasil menempati posisi keenam sebagai negara dengan masakan terbaik di dunia.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Siomai. Indonesia berhasil menempati posisi keenam sebagai negara dengan masakan terbaik di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TasteAtlas menerbitkan peringkat tahunan pada Desember 2023 yang mengulas masakan, hidangan, kota makanan, produk makanan, dan bahan-bahan terbaik, serta daftar restoran dan buku masak legendaris. Indonesia berhasil menempati posisi keenam sebagai negara dengan masakan terbaik di dunia.

TasteAtlas mencatat sebanyak 395.205 (271.819 valid) peringkat hidangan dan 115.660 (80.863 valid) peringkat produk makanan. Berdasarkan data ini, 50 item makanan teratas dari setiap masakan diekstraksi untuk menentukan peringkat negara dengan masakan terbaik di dunia. Peringkat ini didasarkan pada rata-rata peringkat hidangan dan produk makanan dengan peringkat terbaik di setiap negara.

Baca Juga

Berikut adalah daftar 10 negara dengan masakan terbaik di dunia versi TasteAtlas:

1. Italia

2. Jepang

3. Yunani

4. Portugal

5. China

6. Indonesia

7. Meksiko

8. Prancis

9. Spanyol

10. Peru

Selain merilis daftar negara dengan masakan terbaik, TasteAtlas juga mempublikasikan peringkat 100 hidangan terbaik di dunia berdasarkan rata-rata rating pengguna. Hidangan dengan rating terbaik untuk tahun 2023 adalah Picanha, potongan daging asal Brasil, diikuti oleh roti Malaysia, Roti Canai, dan tumisan Thailand, dan Phat Kaphrao.

Indonesia yang dikenal dengan kuliner kaya rempah dan cita rasa unik ini, semakin diakui di kancah internasional berkat prestasi tersebut. Apa saja kuliner Indonesia yang menonjol di dunia versi TasteAtlas?

1. Siomai 

Siomai adalah hidangan khas Indonesia yang terdiri atas pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan dipotong seukuran sekali gigit dan disajikan dengan saus kacang pedas, kecap manis, sambal, dan perasan jeruk nipis. Asal-usul siomay berasal dari komunitas China yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

2. Pempek

Pempek adalah hidangan ikan tradisional dari Palembang, Sumatra Selatan. Dibuat dari daging ikan giling dan tapioka, pempek biasanya digoreng hingga renyah sebelum disajikan dengan kuah cuko yang asam dan pedas. Pempek dianggap sebagai salah satu makanan tradisional paling ikonik di Indonesia.

3. Rawon 

Rawon adalah sup daging sapi khas Jawa Timur yang terkenal dengan kuah hitamnya yang berasal dari buah kluwek. Sup ini dimasak perlahan dengan berbagai rempah seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai, memberikan rasa yang kaya dan kompleks.

4. Soto Betawi 

Soto Betawi adalah sup daging sapi dengan kuah santan yang kaya akan rempah seperti serai, kunyit, lengkuas, dan daun jeruk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan acar. Soto Betawi berasal dari Jakarta dan merupakan salah satu sup paling populer di kota tersebut.

5. Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng adalah pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus kacang pedas. Hidangan ini dipengaruhi oleh tradisi kuliner Tiongkok dan menjadi salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia.

6. Ayam goreng

Ayam goreng Indonesia biasanya direndam dalam bumbu rempah seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam jawa sebelum digoreng hingga renyah. Hidangan ini dinikmati di seluruh negeri dengan variasi regional yang beragam.

7. Bubur ayam 

Bubur ayam adalah bubur nasi kental yang disajikan dengan suwiran ayam dan berbagai bumbu gurih. Hidangan ini populer sebagai sarapan dan memiliki akar dari bubur nasi China.

8. Nasi goreng ayam

Nasi goreng ayam adalah hidangan nasi goreng yang populer di Indonesia, Singapura, Brunei, dan Malaysia. Biasanya dibuat dengan paha ayam, nasi, dan berbagai bumbu seperti kecap manis dan sambal, dan disajikan dengan kerupuk udang.

9. Sate kambing

Sate kambing adalah sate dari daging kambing yang dimarinasi dengan kecap manis, lengkuas, dan bawang merah. Dagingnya dipanggang dan disajikan dengan saus kecap manis atau saus kacang.

10. Nasi uduk

Nasi uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah seperti serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. Nasi ini disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti daging, bihun, telur, tempe, dan tahu, serta sambal sebagai pelengkap.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement