Selasa 14 Nov 2023 19:52 WIB

Iwan Fals Terima 1 Pot Pohon Damar dari Reza Rahadian di Red Carpet FFI 2023

FFI akan menanam 12 pohon damar di beberapa titik yang telah ditentukan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Ketua Komite FFI Reza Rahadian (kanan) menyerahkan satu pot pohon damar kepada musisi Iwan Fals (kiri) dalam red carpet FFI 2023 yang digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta, Selasa (14/11/2023).
Foto: Dok. FFI
Ketua Komite FFI Reza Rahadian (kanan) menyerahkan satu pot pohon damar kepada musisi Iwan Fals (kiri) dalam red carpet FFI 2023 yang digelar di Ciputra Artpreneur Jakarta, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Red Carpet Festival Film Indonesia (FFI) 2023 telah dimulai sejak pukul 17.30 WIB. Para sineas film hingga musisi yang akan mengisi acara tampak berdatangan. Termasuk musisi Iwan Fals yang telah datang, sembari menerima satu pot pohon damar.

Ketua Komite FFI Reza Rahadian menyerahkan langsung pohon damar tersebut sebagai simbolis. “Saya yakin, alam yang sehat, saya yakin kita juga akan punya industri (film dan musik) yang semakin sehat,” ungkap Reza dalam gelaran yang dihelat di Ciputra Artpreneur Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga

Rencananya, FFI akan menanam 12 pohon damar di beberapa titik yang telah ditentukan, sebagai bentuk dukungan FFI terhadap lingkungan hidup. Sementara untuk penampilannya nanti, Iwan Fals telah menyiapkan beberapa lagu.

“Untuk lagu-lagu nanti yang dibawakan juga pernah dimainkan di film juga, seperti lagu (dalam film) almarhum Bung Sofyan (Sophian), Mas Eros (Djarot), Mas Slamet (Rahardjo),” ucap Iwan. 

 

Slamet Rahardjo yang juga datang bersamaan dengan Iwan Fals juga memberikan tanggapan terkait FFI 2023 karena tahun ini ia didapuk sebagai juri untuk pengabdian seumur hidup. Sejak Piala Citra hadir 43 tahun lalu, Slamet sudah ikut berkecimpung di dalamnya.

“Sejak awal Piala Citra ini dilahirkan 43 tahun silam, saya sudah ada di sini. Saya berharap berhenti jadi bangsa konsumtif, kita harus jadi bangsa produktif dengan karya. Bisa kita sampaikan pada orang banyak, Indonesia bukan nyiur melambai,” kata Slamet. 

Hadir pula jajaran tim film Like and Share yang sudah janjian bertemu di depan pintu untuk melenggang bersama di red carpet. Sutradara Gina S Noer mengaku sangat bersyukur filmnya meraih hingga 11 kategori nominasi. Meskipun demikian ia mengaku tidak menyiapkan speech secara khusus.

Selain itu, hadir juga jajaran tim film Budi Pekerti yang meraih kategori nominasi terbanyak yaitu 17 kategori. Sutradara Wregas Bhanutedja juga mengungkapkan rasa syukur, serta memberi kabar gembira bahwa film Budi Pekerti akan tampil pada beberapa ajang internasional lainnya, namun belum bisa ia sebutkan saat ini. 

“Hormat kami dan rasa syukur kami yang sebesar besarnya, atas apresiasi yang sangat besar dari penonton Indonesia dan seluruh akademi citra yang telah mempercayakan dan memilih 17 nominasi ini,” ungkap Wregas.

Festival Film Indonesia (FFI) 2023 memberikan penghargaan kepada sineas perfilman Indonesia, lewat 22 kategori nominasi. Mengusung tema "Citra", Duta FFI 2023 terpilih adalah Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, Putri Marino, dan Chicco Kurniawan. 

Tema tahun ini terinspirasi dari sajak "Citra" karya Usmar Ismail yang memiliki makna bayangan atau imaji. Kata Citra pun disematkan sebagai nama anugerah perfilman Indonesia ini yang telah diberikan sejak 1967, dan menjadi simbol apresiasi tertinggi perfilman Indonesia.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement