Senin 13 Nov 2023 19:31 WIB

Belajar Bahasa Korea Cuma 1 Tahun, Ini Rahasia Lisa Blackpink

Ketika bergabung sebagai trainee YG, Lisa sama sekali tak bisa berbahasa Korea.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Lisa Blackpink. Hanya membutuhkan waktu 1 tahun bagi Lisa untuk mempelajari bahasa Korea Selatan.
Foto: YG Entertentainmnet.
Lisa Blackpink. Hanya membutuhkan waktu 1 tahun bagi Lisa untuk mempelajari bahasa Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Personel Blackpink, Lisa, punya cara khusus belajar bahasa Korea hanya dalam waktu satu tahun. Padahal, ketika bergabung sebagai trainee (kandidat grup idola yang masih berlatih) di YG Entertainment pada 2011, Lisa sama sekali tidak bisa berbahasa Korea.

Setelah debut sebagai Blackpink bersama Jennie, Jisoo, dan Rosé pada 2016, kewarganegaraan dan negara asal Lisa jadi sorotan. Sebab, saat sudah dikenal menjadi personel grup idola perempuan Blackpink, Lisa terlihat tidak kesulitan bicara dalam bahasa Korea.

Baca Juga

Padahal, perempuan kelahiran Buriram, Thailand, yang kini berusia 26 tahun itu merupakan trainee non-Korea pertama yang tergabung di YG Entertainment. Dalam audisi trainee, Lisa mengesankan para juri YG Entertainment dengan keterampilan menari yang luar biasa.

Sebagai penduduk asli Thailand, Lisa awalnya sama sekali tidak bisa berbicara bahasa Korea. Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, Lisa membocorkan rahasia lancar berbahasa Korea dalam setahun. Ternyata, tindakan gurunyalah yang sangat membantu Lisa.

 

"Ketika saya pertama kali datang ke Korea, guru saya tidak ingin saya terus berbicara bahasa Inggris. Jadi, dia berusaha membuat saya tetap berbicara bahasa Korea sepanjang waktu," ungkap Lisa, dikutip dari laman Koreaboo, Senin (13/11/2023). 

Menurut Lisa, hal itu memaksanya keluar dari zona nyaman dan membuatnya bisa belajar bahasa Korea dengan cepat. Selama kelas pelatihan yang panjang, dia dan sang guru hanya berbicara dalam bahasa Korea. Awalnya, dia tidak tahu satu pun kata dalam bahasa Korea.

Pelantun lagu "Money" itu mengaku membiasakan diri berbicara dalam bahasa Korea semula sangat sulit. Akan tetapi, Lisa akhirnya terbiasa dan dapat menguasai bahasa tersebut. Lisa sangat berterima kasih atas cara gurunya yang tegas namun efektif.

"Saya pikir karena dia melakukan itu, kemampuan saya dapat meningkat dengan cepat," tutur Lisa. Lisa sekarang fasih berbahasa Thailand, Inggris, Jepang, dan Korea. Saat ini, Lisa juga dikabarkan sedang belajar bahasa Mandarin.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement