Kamis 30 May 2024 20:51 WIB

Makanan Sumber Protein Hewani Beri Manfaat Besar untuk Tumbuh Kembang Anak

Protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap.

Makanan mengandung protein (ilustrasi). Makanan sumber protein hewani penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak.
Foto: Dok. Freepik
Makanan mengandung protein (ilustrasi). Makanan sumber protein hewani penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak.

REPUBLIKA.CO.OID, JAKARTA -- Ahli gizi menganjurkan pemberian makanan sumber protein hewani yang mengandung asam amino esensial pada anak. Sumber protein hewani penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal mereka.

"Meskipun manusia dapat memperoleh protein yang bersumber dari protein nabati, namun protein hewani memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap," kata guru besar bidang ilmu gizi kesehatan masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof. Dr drg Sandra Fikawati, MPH, di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga

Bahan makanan yang termasuk sumber protein hewani antara lain ikan, cumi-cumi, udang, kerang, telur, susu, daging unggas, dan daging sapi. "Makanan tersebut setidaknya menyuplai sembilan macam asam amino esensial dari 20 jenis asam amino atau senyawa yang bergabung untuk membentuk protein yang dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain pertumbuhan fisik juga pertumbuhan otak," kata Sandra.

Namun demikian, ia mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa penduduk Indonesia lebih banyak mengonsumsi protein nabati (65,7 persen) ketimbang protein hewani (34,3 persen). Dia mengutip hasil survei tahun 2020 yang menunjukkan rata-rata konsumsi protein hewani penduduk perkotaan 23,71 gram per kapita per hari, sedangkan penduduk perdesaan 18,21 gram per kapita per hari.

 

Protein hewani yang dikonsumsi oleh penduduk Indonesia di perdesaan dan perkotaan dalam satu tahun rata-rata 21,29 gram per kapita per hari menurut hasil survei itu. Sandra mengatakan, jika dibandingkan pada tahun 2020, tingkat konsumsi daging pada 2022 mengalami peningkatan meski tidak signifikan.

Menurut dia, tingkat konsumsi daging sapi dan unggas juga masih lebih baik dari tingkat konsumsi ikan, cumi-cumi, udang, dan kerang yang stagnan serta tingkat konsumsi telur dan susu yang menurun selama kurun itu. Fikawati memaparkan data dalam Buletin Konsumsi Pangan Vol 13 Nomor 1 Tahun 2022 dari Kementerian Pertanian yang menunjukkan penduduk Indonesia lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk makanan dan minuman jadi (31,74 persen) dibandingkan untuk daging (4,38 persen), ikan/udang/cumi-cumi/kerang (7,72 persen), serta telur dan susu (4,99 persen). Menurut dia, data-data tersebut menunjukkan peluang bagi produsen makanan untuk menawarkan bahan makanan segar, seperti daging segar, sebagai pilihan sumber protein hewani.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement