Kamis 30 Nov 2023 00:06 WIB

Pasta Gigi yang Biasa Dipakai Masuk Daftar Boikot? Ini Merek Lain yang Bisa Dipilih

Kecaman terhadap Israel salah satunya dilakukan dengan aksi boikot produk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Pasta gigi (ilustrasi). Salah satu produk pasta gigi ternama yang banyak digunakan masyarakat Indonesia masuk dalam daftar produk yang diboikot karena diduga terafiliasi Israel.
Foto: www.freepik.com
Pasta gigi (ilustrasi). Salah satu produk pasta gigi ternama yang banyak digunakan masyarakat Indonesia masuk dalam daftar produk yang diboikot karena diduga terafiliasi Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan bertubi-tubi Israel terhadap Palestina mendapat kecaman dari berbagai negara. Salah satu bentuk kecaman tersebut dilakukan dengan aksi boikot produk Israel ataupun produk yang terafiliasi dengan Israel.

Produk yang dimaksud mulai dari makanan, minuman, hingga kebutuhan sehari-hari seperti pasta gigi. Salah satu merek pasta gigi ternama di Indonesia yang banyak digunakan masyarakat masuk dalam daftar boikot karena diduga terafiliasi dengan Israel.

Baca Juga

Pertanyaannya, apa saja merek pasta gigi yang bisa jadi alternatif dan diyakini tidak terafiliasi Israel? Berikut daftarnya:

1. Ciptadent

 

Dikutip dari laman Lion Wings, Rabu (29/11/2023), selama 120 tahun, Lion Japan telah hadir sebagai pasta gigi nomor satu di Jepang dengan spesialisasi merawat gigi. Sudah menjadi rahasia umum jika kehidupan di Jepang terjaga kualitasnya karena perawatan gigi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan sejak dini.

Tercatat pada 1948 telah ditemukan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Kemudian pada 1982, menyusul penemuan pasta gigi dengan Plague Degrading Enzyme “Dextranase”. Hadir di Indonesia tahun 1989, Ciptadent tidak melupakan akarnya sebagai produk perawatan gigi yang dicintai banyak keluarga di Jepang, dan di Indonesia.

2. Formula

Dikutip dari situs resmi Formula, dijelaskan bahwa Formula sebagai merek produk perawatan gigi dan mulut asli Indonesia yang ada sejak tahun 1985. Formula hadir dalam rangkaian produk sikat gigi, pasta gigi, mouthwash.

3. Kodomo

Dikutip dari laman Lion Wings, Kodomo adalah salah satu brand produk anak-anak di Indonesia yang sudah ada lebih dari 30 tahun, menggunakan karakter animal seperti gajah, jerapah, dan sebagainya. Kodomo terdiri atas 3 kategori produk yang memenuhi kebutuhan anak-anak yakni perawatan gigi dan mulut, perawatan rambut, dan perawatan badan.

4. Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals adalah pasta gigi buatan PT Sensatia Botanicals Bali yang mengandung bahan-bahan alami seperti arang bambu, minyak esensial, dan ekstrak tumbuhan. Sensatia Botanicals diklaim dapat membersihkan gigi, menyegarkan napas, dan merawat gusi. Sensatia Botanicals juga memiliki varian rasa seperti charcoal-mint, lemongrass-lime, dan cinnamon-clove.

5. Zact 

Zact adalah salah satu merek pasta gigi di Indonesia diformulasikan khusus bagi perokok, penyuka teh, dan kopi. Zact diklaim mengandung stain fighter dengan formula micro alumina yang berguna untuk mengurangi noda pada gigi.

Komposisi bahan yang digunakan terdiri atas calcium karbonat, sorbitol, air, PEG-8, sodium lauril sulfat, alumina, silika, flavor, sodium monofluorofosfat, xanthan gum, sodium benzoat, carragenan, sodium silicate, sodium sacharine, methyl paraben, buthylparaben. Bahan aktif yang digunakan adalah sodium monofluorofosfat 1000 ppm.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement