Rabu 24 Jan 2024 10:46 WIB

Nominasi Oscar 2024 Diumumkan, Ini 5 Hal yang Mengejutkan

Beberapa hal mengejutkan tampak dari nominasi Oscar 2024 yang baru diumumkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Godzilla Minus One. Film ini mengejutkan publik karena masuk nominasi Oscar kategori Efek Visual Terbaik.
Foto: Dok. Toho Co., Ltd
Salah satu adegan di film Godzilla Minus One. Film ini mengejutkan publik karena masuk nominasi Oscar kategori Efek Visual Terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nominasi Academy Award 2024 (Oscar) diumumkan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, nominasi tersebut penuh dengan kejutan terkait film dan aktor mana yang masuk atau tidak.

Tidak mengherankan, film Oppenheimer memimpin dengan 13 nominasi, tidak melewatkan satu langkah pun, sementara Barbie, Killers of the Flower Moon, dan Poor Things juga mendapat nominasi. Penghargaan ini diharapkan mendapatkan hasil yang baik.

Baca Juga

Ada beberapa nominasi yang cukup mengejutkan. Apa saja itu? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Screen Rant pada Rabu (24/1/2024): 

1. Greta Gerwig tak masuk nominasi Sutradara Terbaik

 

Sekali lagi, Greta Gerwig menyutradarai film nominasi Film Terbaik dan tidak dimasukkan dalam kategori Sutradara Terbaik. Meskipun Gerwig dinominasikan untuk Lady Bird, dia tidak masuk dalam nominasi sutradara terbaik untuk film Little Women dan Barbie. Padahal dua proyek film itu lebih besar dan mengesankan.

Berbeda dengan gelaran tahun 2020, kategori penyutradaraan tidak hanya terdiri atas laki-laki, namun masih aneh jika Gerwig terus-menerus "direndahkan" oleh Akademi karena film-film yang tampaknya mereka sukai. Barbie mungkin adalah sebuah film "mainan", tapi sejauh ini film tersebut adalah film dengan sutradara terbaik yang pernah diproduksi Hollywood. Sayang sekali, Gerwig "melewatkannya" sekali lagi.

2. Bradley Cooper tidak masuk kategori nominasi Sutradara Terbaik

Ketika berbicara tentang Oscar, Bradley Cooper sering kali menjadi "pengiring pengantin" dan bukan "pengantinnya". Cooper sekali lagi melewatkan nominasi Sutradara Terbaik saat masuk sebagai Aktor Terbaik. Cooper memang memberikan penampilan luar biasa di Maestro, tetapi penyutradaraan dan penceritaannya yang membuat film ini menonjol.

Mengingat film tersebut meraih tujuh nominasi, rasanya kurang tepat jika Cooper "direndahkan". Maestro pernah dianggap sebagai yang terdepan di sebagian besar kategori utama, namun sekarang rasanya beruntung jika bisa meraih satu kemenangan.

3. Margot Robbie tidak masuk nominasi Aktris Terbaik

Ada cinta yang nyata untuk film Barbie sepanjang tahun, dan cinta itu membawanya sepanjang musim penghargaan. Namun yang mengejutkan, karakter Barbie sendiri bukan bagian dari paket Barbie. Pemeran Barbie, Margot Robbie, mendapatkan nominasi penghargaan hampir ke mana pun dia pergi. Dengan kecintaan Akademi terhadap film Barbie, sungguh "luar biasa" jika Robbie tidak masuk dalam kategori Aktris Terbaik. 

Dengan masuknya kedua aktor pendukung, tampaknya Robbie tidak masuk ke dalamnya. Aktris Terbaik adalah perlombaan yang sulit, tetapi Barbie tampaknya cukup kuat untuk mencapainya.

4. Leonardo DiCaprio terempas dari nominasi Aktor Terbaik

Sejarah terulang kembali pada Oscar. Mirip dengan apa yang terjadi dengan film The Irishman empat tahun lalu, aktor utama film epik Killer of the Flower Moon, Leonardo DiCaprio tidak dimasukkan dalam nominasi. DiCaprio biasanya dijamin mendapat nominasi ketika ia membintangi pesaing Film Terbaik, namun perannya dalam Killers of the Flower Moon mungkin terlalu pasif dan tidak disukai oleh Akademi.

5. Godzilla: Minus One mengejutkan dengan masuk nominasi Efek Visual Terbaik

Film Godzilla: Minus One adalah kejutan dalam hampir segala hal. Apa yang awalnya hanya ditayangkan secara terbatas selama satu pekan di AS telah berkembang menjadi film Godzilla dengan rekor box office yang memecahkan rekor, menjadi salah satu film terlaris selama bertahun-tahun.

Kecintaan terhadap Godzilla: Minus One terus berdatangan, karena ia dinominasikan untuk Oscar kategori Efek Visual Terbaik. Karena Oppenheimer tidak memenuhi syarat untuk kategori tersebut, tidak jelas siapa yang akan membawa pulang trofi itu. Godzilla: Minus One adalah pesaing yang lebih dari layak, karena ia menciptakan monster yang tampak luar biasa dan memamerkan efek hebat dengan anggaran terbatas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement