Senin 30 Oct 2023 17:47 WIB

Matthew Perry Ditemukan Meninggal Saat Berendam, Ini Bahaya yang Mengintai di Bak Mandi

Matthew Perry diduga kena serangan jantung ketika berendam di jacuzzi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bak kamar mandi (ilustrasi). Ada beberapa bahaya yang mengintai ketika berendam di bathtub.
Foto: Dok www.freepik.com
Bak kamar mandi (ilustrasi). Ada beberapa bahaya yang mengintai ketika berendam di bathtub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kematian aktor Matthew Perry mengagetkan publik. Aktor yang dikenal sebagai Chandler Bing di sitkom "Friends" itu ditemukan tewas saat berendam di jacuzzi miliknya setelah tenggelam. 

Asistennya menemukan aktor berusia 54 tahun itu tidak sadarkan diri dan menelepon layanan darurat dengan asumsi kemungkinan serangan jantung. Apakah benar berendam di dalam jacuzzi atau bak mandi bisa berbahaya, bahkan menyebabkan kematian?

Baca Juga

Dilansir laman Bath Planet New Jersey, Senin (30/10/2023), bak mandi sebenarnya bisa berbahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian? 

1. Tenggelam

Bak mandi bisa berbahaya dalam berbagai cara dan kita tidak hanya berbicara tentang tenggelam di bak mandi, yang bisa terjadi dalam hitungan menit jika anak-anak dibiarkan sendirian. 

2. Banyak orang terluka atau terbunuh di bak mandi karena kecelakaan

Banyak orang yang terbunuh akibat kecelakaan yang terjadi saat menggunakan bak mandi. Orang sering terpeleset dan jatuh. Akibatnya, tulang mereka bisa patah. 

Orang yang berendam di bak mandi juga mungkin mengalami luka dan memar. Kulit Anda bisa melepuh jika suhu air di bak mandi terlalu tinggi dan Anda tidak mendeteksinya sebelum mandi.

3. Tersengat listrik

Orang yang berendam di bak mandi juga dapat tersengat listrik jika bersentuhan dengan benda listrik saat berendam di bak mandi. 

4. Serangan jantung

Ada juga laporan orang terkena serangan jantung atau cedera kepala saat berada di bak mandi. Saat terkena serangan jantung di bak mandi, bisa jadi seseorang kesulitan meminta pertolongan hingga akhirnya terkulai lemas di dalamnya.

5. Infeksi saluran kemih dan vagina

Meskipun mandi busa terdengar seperti cara bersantai untuk melepas lelah setelah hari yang melelahkan, namun mandi busa tidak terlalu higienis. Mandi busa dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Bahan kimia tertentu mungkin masuk ke uretra Anda saat mandi busa. Akibatnya, Anda bisa terkena infeksi saluran kemih. Penggunaan mandi busa dapat menyebabkan infeksi vagina.

6. Pengelupasan sel kulit mati

Untuk menjaga kesehatan kulit, kita juga harus menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel kulit mati cenderung terkelupas saat Anda mandi. Tak heran, karena proses pengelupasan sel kulit mati merupakan proses yang alami. Ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Sebaliknya, mandi di bak mandi yang penuh sel kulit mati kedengarannya tidak menarik. Ini sangat tidak sehat. Mandi dengan air yang mengandung sel kulit mati tidak akan membantu Anda membersihkan tubuh. Menurut penelitian, bak mandi lebih kotor dibandingkan tong sampah.

7. Luka menjadi lama sembuh

Jika Anda memiliki luka atau luka di kulit, luka tersebut mungkin memerlukan waktu lama untuk sembuh jika Anda menghabiskan banyak waktu di bak mandi. Jika luka sudah jenuh, penyembuhannya akan memakan waktu lebih lama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement