Selasa 31 Oct 2023 09:36 WIB

Selain Matthew Perry, Ini 5 Bintang Terkenal yang Ditemukan Meninggal di Bak Mandi

Penyebab kematian artis di bak mandi ada yang murni kecelakaan hingga pengaruh obat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Beberapa orang mengusung peti mati Whitney Houston. Houston menjadi salah satu artis yang ditemukan meninggal di bak kamar mandi. (ilustrasi)
Foto: AP/Mel Evans
Beberapa orang mengusung peti mati Whitney Houston. Houston menjadi salah satu artis yang ditemukan meninggal di bak kamar mandi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor serial "Friends", Matthew Perry, ditemukan meninggal di bak mandi air hangat di rumahnya. Selain aktor ini, sebelumnya juga ada beberapa selebritas dunia yang ditemukan meninggal di bak mandi air. Siapa saja mereka?

1. Aaron Carter

Baca Juga

photo
Aaron Carter - (EPA)

 Dilansir laman NBC News, penyanyi Aaron Carter secara tidak sengaja tenggelam di bak mandinya pada November setelah menghirup gas terkompresi dan mengonsumsi alprazolam. Hal itu dinyatakan oleh kantor pemeriksa medis Los Angeles County.

Carter, mulai terkenal pada 1990-an dan dalam beberapa tahun terakhir terbuka tentang masalah kesehatan mental dan kecanduan narkoba. Ia meninggal pada 5 November 2022 di rumahnya di Lancaster, California, pada usia 34 tahun. Penyebab kematiannya adalah tenggelam akibat efek gas, difluoroethane, dan alprazolam, kata kantor pemeriksa medis dalam sebuah laporan.

2. Whitney Houston

photo
Whitney Houston - (AP/Evan Agostini)

 

Dilansir CNN, menurut laporan autopsi, Whitney Houston tenggelam tertelungkup di bak berisi air yang sangat panas sedalam sekitar 12 inci. Pemeriksa jenazah Los Angeles County memutuskan bahwa kematian Houston pada 11 Februari 2012 adalah akibat tenggelam yang tidak disengaja dengan efek penyakit jantung aterosklerotik dan penggunaan kokain sebagai faktor penyebabnya.

Laporan koroner tidak merinci apa yang terjadi pada Houston. Namun, dr Drew Pinsky dari HLN, seorang spesialis pengobatan kecanduan, memeriksa laporan autopsi untuk CNN. Dia menyatakan Houston kemungkinan menderita kejang yang disebabkan oleh penggunaan kokain yang mungkin dikombinasikan dengan alkohol dan obat penenang resep.

3. Sridevi

photo
Jenazah aktris Bollywood Sridevi diangkut menggunakan truk untuk dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya di Mumbai, India. - (AP)

Sridevi meninggal pada 24 Februari 2018 pukul 19.00 GMT di Dubai. Meskipun diumumkan sebelumnya bahwa penyebab kematian adalah serangan jantung, laporan forensik yang dikeluarkan oleh Polisi Dubai mengindikasikan bahwa Sridevi meninggal karena kecelakaan yang tidak disengaja di bak mandi hotel. Jejak alkohol ditemukan di tubuhnya dan air ditemukan di paru-parunya.

Ia tengah bersama dengan suaminya Boney Kapoor dan putrinya Khushi pada pesta pernikahan sepupunya, Mohit Marwah di Dubai saat sebelum kematiannya. Bersama dengan berita rumor kematiannya sebagai hoaks, berita ini dikonfirmasi kebenarannya oleh adik iparnya Sanjay Kapoor.

4. Dolores O'Riordan

photo
Vokalis Cranberries Dolores ORiordan - (EPA)

 

Pada Januari 2018, Dolores O'Riordan melakukan perjalanan dari New York City, tempat dia tinggal, ke London untuk bekerja dengan Martin "Youth" Glover di proyek sampingannya DARK dan untuk bertemu perwakilan label rekaman BMG tentang album Cranberry baru. O'Riordan tiba di Hotel Hilton di Park Lane di Mayfair pada 14 Januari. Pukul 02.00 pada tanggal 15 Januari 2018, O'Riordan melakukan panggilan telepon dengan ibunya. Pagi itu, dia ditemukan tidak sadarkan diri di kamar mandi dan dinyatakan meninggal pada pukul 09.16 pagi. Dia berusia 46 tahun.

Sehari setelah kematiannya, surat kabar tabloid Santa Monica Observer menyebarkan cerita palsu bahwa fentanil ditemukan di ruangan itu, menunjukkan bahwa pihak berwenang London mencurigai bunuh diri dan "overdosis yang disengaja". Rumor overdosis fentanil bertahan selama berbulan-bulan. Penyebab kematiannya tidak diumumkan sampai pemeriksaan di Westminster Coroner's Court diadakan pada 6 September (pada hari ulang tahunnya yang ke-47), yang memutuskan bahwa dia meninggal karena kecelakaan tenggelam di bak mandi. 

5. Jim Morrison

photo
Jim Morrison (Dok. Istimewa). (Dok. Istimewa)

 

Dikutip dari berbagai sumber, pada 3 Juli 1971, Morrison ditemukan tewas di bak mandi apartemen sekitar pukul 06.00 oleh Courson. Dia berusia 27 tahun. Penyebab kematian resmi tercatat karena gagal jantung, meskipun tidak ada autopsi yang dilakukan karena tidak diwajibkan oleh hukum Prancis. 

Beberapa orang yang mengaku sebagai saksi mata, termasuk Marianne Faithfull menyatakan bahwa kematiannya disebabkan oleh overdosis heroin yang tidak disengaja. Namun, karena kurangnya autopsi, pernyataan mereka tidak dapat dikonfirmasi. 

Menurut jurnalis musik Ben Fong-Torres, ada anggapan bahwa kematiannya dirahasiakan dan para reporter yang menelepon Paris diberi tahu bahwa Morrison tidak meninggal, tetapi lelah dan beristirahat di rumah sakit. Teman Morrison, sutradara film Agnès Varda mengakui bahwa dialah yang bertanggung jawab menyembunyikan insiden tersebut agar tidak diketahui publik. Dalam wawancara media terakhirnya sebelum kematiannya pada 2019, Varda mengonfirmasi bahwa dia adalah satu dari empat pelayat yang menghadiri pemakaman Morrison. 

Kematian Morrison terjadi dua tahun setelah kematian gitaris Rolling Stones Brian Jones dan sekitar sembilan bulan setelah kematian Jimi Hendrix dan Janis Joplin. Semua musisi populer ini meninggal pada usia 27 tahun, yang menyebabkan munculnya legenda urban 27 Club. Sejak kematiannya, terdapat sejumlah teori konspirasi mengenai kematian Morrison. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement