Selasa 08 Aug 2023 18:31 WIB

Sutradara Barbie Torehkan Rekor, Jadi Sineas Perempuan Pertama yang Raih 1 Miliar Dolar AS

Pendapatan Barbie 1 miliar dolar AS diraih hanya dalam waktu 17 hari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Sutradara film Barbie, Greta Gerwig. Gerwig memecahkan rekor sebagai sutradara wanita pertama yang filmnya menghasilkan pendapatan 1 miliar dolar AS.
Foto: EPA-EFE/NINA PROMMER
Sutradara film Barbie, Greta Gerwig. Gerwig memecahkan rekor sebagai sutradara wanita pertama yang filmnya menghasilkan pendapatan 1 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara film Barbie, Greta Gerwig, menjadi sutradara wanita solo pertama yang berhasil menghasilkan 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 15 triliun) di box office global lewat film tersebut. Capaian itu diraih pada Ahad (6/8/2023), dua hari setelah ulang tahun Gerwig ke-40.

Tiga film bernilai miliaran dolar lainnya disutradarai oleh perempuan, termasuk Frozen dan Frozen II yang disutradarai oleh Jennifer Lee dan Chris Buck, serta Captain Marvel yang disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck. 

Baca Juga

Film Barbie, yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling, mencapai tonggak sejarah setelah 17 hari dirilis, menjadikannya film Warner Bros tercepat yang mencapai angka tersebut. Rekor sebelumnya dipegang oleh Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, yang mencapai 1 miliar dolar AS dalam 19 hari pada tahun 2011.

Dalam sebuah pernyataan, Co-chair dan co-CEO Warner Bros Motion Picture Group, Michael De Luca dan Pam Abdy, bereaksi terhadap kesuksesan finansial film tersebut. "Pencapaian besar seperti ini hanya mungkin terjadi jika memiliki tim produksi film yang luar biasa, dengan para pemain dan kru yang bersatu, untuk menciptakan pengalaman menonton bioskop yang benar-benar istimewa," kata mereka seperti dilansir Film News, Selasa (8/8/2023). 

Michael De Luca dan Pam Abdy juga memberikan apresiasi kepada Greta Gerwig atas pencapaian film Barbie. De Luca mengatakan bahwa ini merupakan rekor baru bagi Gerwig. 

"Greta kini bergabung dengan kelompok elite penulis/sutradara yang telah menghasilkan 1 miliar dolar AS di box office global, sebuah pencapaian yang menjadi bukti kecemerlangannya dan komitmennya untuk menghadirkan film Barbie yang bisa ditonton banyak orang," kata De Luca.

Dalam sebuah wawancara dengan laman Collider, Margot Robbie, yang juga memproduseri film ini, mengenang kembali pertemuannya dengan Mattel dan Warner Bros. Dari perbincangan tersebut, aktris asal Australia itu sudah yakin bahwa Barbie akan menjadi film besar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement