Jumat 28 Jul 2023 16:19 WIB

Penyebab Kematian Sinead O'Connor tak Diungkap Keluarga, Polisi Buka Suara

Polisi masih menunggu keputusan keluarga terkait autopsi Sinead O'Connor.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Sinead O Connor. Polisi menyatakan tidak ada hal mencurigakan pada jasad O Connor.
Foto: MTI
Penyanyi Sinead O Connor. Polisi menyatakan tidak ada hal mencurigakan pada jasad O Connor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi mualaf asal Irlandia, Sinead O'COnnor ditemukan meninggal dunia di London, Inggris, pada Rabu (26/7/2023). Hingga kini, keluarga belum mengungkap penyebab meninggalnya O'Connor. Meski begitu, polisi menegaskan kematian Sinead O'Connor tidak dianggap mencurigakan setelah tubuhnya ditemukan pada Rabu (26/7/2023).

Penyanyi dan aktivis asal Irlandia berusia 56 tahun itu ditemukan di rumahnya di Herne Hill, London, Inggris, pada pukul 11.18 waktu setempat. Pihak kepolisian mengatakan, Sinead tidak merespons dan dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Baca Juga

Pengadilan Dalam Negeri London Selatan mengatakan tidak ada penyebab medis dari kematian Sinead dan autopsi akan dilakukan. Hasilnya bisa memakan waktu beberapa pekan, tapi keputusan apakah pemeriksaan ini diperlukan juga masih menunggu.

Keluarga pelantun “Nothing Compares 2 U” itu mengumumkan berita kematian Sinead pada Rabu (26/7/2023) malam. Dalam pernyataannya, pihak keluarga mengatakan bahwa keluarga dan teman-temannya sangat terpukul atas berita ini.

Sinead akan dikenang karena banyak pernyataan politiknya, termasuk pada 1992 ketika dia secara kontroversial merobek gambar Paus Yohanes Paulus II selama pertunjukan di acara TV AS "Saturday Night Live". Ia mencabik-cabik foto itu, yang dia ambil dari bingkai di rumah ibunya setelah kematian ibunya, sebagai protes terhadap pelecehan seksual anak di Gereja Katolik.

Penghormatan mengalir untuk artis pemenang Brit dan Grammy Award itu, termasuk dari penyanyi Annie Lennox, yang berbagi penghormatan puitis untuk Sinéad. “Sinead galak dan rapuh ... impulsif, berani dan cantik ... dengan suara yang luar biasa. Semoga para malaikat memelukmu dengan lembut dan memberimu istirahat yang tenang,” kata dia.

Penyanyi The Pretenders, Chrissie Hynde, mengatakan kepada BBC Radio 2 bahwa O'Connor adalah orang yang sangat menyenangkan dan suka bergaul. Berbicara di red carpet untuk nominasi Mercury Prize, artis Jessie Ware mengatakan kepada BBC bahwa O'Connor adalah seorang pelopor, memiliki suara yang jujur dan keberanian luar biasa.

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar juga memberikan penghormatan kepada Sinead yang lahir di Dublin. Dia mengatakan musik Sinead dicintai di seluruh dunia dan bakatnya tak tertandingi. 

Wakil Presiden Sinn Fein, Michelle O'Neill, menyampaikan belasungkawa di Stormont, Majelis Irlandia Utara. “Irlandia telah kehilangan salah satu yang terhebat, artis wanita yang sangat berbakat, perintis sejati. Dia adalah seorang wanita Irlandia yang memimpin industri musik, dan kehilangannya akan sangat dirasakan oleh banyak orang,” ujar dia.

“Dia memiliki keberanian untuk berbicara ketika semua orang tetap diam mencari aman. Dia dilecehkan hanya karena menjadi dirinya sendiri. Matanya akhirnya tertutup untuk mencari jiwa yang bisa dia sebut sebagai miliknya,” kata penyanyi The Smiths, Morrissey, menulis di situs webnya.

Seorang penggemar meninggalkan penghormatan tulisan tangan untuk Sinead di depan pintu salah satu bekas rumahnya di Bray, County Wicklow, Irlandia. “Semoga perjalananmu ke alam baka menjadi indah dan menyembuhkan,” kata penggemar itu dalam tulisannya.

Presenter TV Irlandia, Laura Whitmore, juga mengungkapkan belasungkawanya di Instagram. “Sebagai seorang wanita Irlandia yang tumbuh di tahun 90-an, dia adalah segalanya, menunjukkan bahwa gadis-gadis itu keren,” katanya.

“Wanita Irlandia dapat dikenal secara global dan mencukur rambut tidak hanya untuk pria, meskipun bukan penampilan yang bisa saya ikuti. Ibuku memberi tahu semua orang yang bertamu, bahwa Sinead tinggal di jalan kami, dia adalah bangsawan kami. Beristirahatlah dalam damai Ratu x,” kata dia lagi. 

O'Connor yang meraih popularitas dunia pada 1990-an juga dikenang oleh penyanyi dan penulis lagu pemenang Oscar Glen Hansard. “Irlandia menghargai pahlawannya dengan memajang foto di dinding, dan sekarang, semua masyarakat Irlandia akan memasang foto Sinead di dinding,” ujarnya.

Film dokumenter tahun 2022 tentang Sinead O'Connor, berjudul Nothing Compares dijadwalkan untuk ditayangkan di televisi untuk pertama kalinya oleh Sky pada 29 Juli 2023. Berbicara kepada BBC, jurnalis musik RTE, Dave Fanning, yang melakukan wawancara pertama dengan penyanyi itu dan bertemu dengannya lebih dari 200 kali, menggambarkan O'Connor sebagai orang yang murah hati, tetapi mengakui bahwa dia adalah sosok yang mempolarisasi.

“Ketika dia merobek gambar Paus di 'Saturday Night Live' dan orang-orang mengatakan dia akan menghancurkan kariernya, dia benar-benar menghancurkan kariernya, karena itulah rencananya. Dia tidak pernah ingin menjadi terkenal, menjadi bintang pop, dia merasa dia adalah seorang penyanyi pembangkang,” kata Fanning.

Pembuat film di belakang proyek tersebut, Kathryn Ferguson, mengatakan dia merasa hancur dengan berita kematian O'Connor. “Ayah saya memperkenalkan saya pada musik Sinead di akhir tahun 80-an,” kata dia kepada BBC Radio 4.

London Irish Centre mengadakan penghormatan kepada Sinead O'Connor pada Kamis malam, bersama Annie Mac dan para tamu. Sinead O'Connor baru-baru ini pindah kembali ke London, menulis cicitan pada awal Juli 2023 ini bahwa dia telah berpindah selama 23 tahun.

“Sangat senang berada di rumah. Mudah-mudahan tur Australia dan Selandia Baru menjelang akhir 2024. Eropa, AS, dan wilayah lain mulai awal 2025,” tulis O'Connor kala itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement