Jumat 28 Jul 2023 10:36 WIB

Pemakaman Sinead O'Connor, Komunitas Muslim Irlandia Siap Bantu Sesuai Syariat Islam

Pusat Kebudayaan Islam Dublin hingga kini belum dihubungi keluarga Sinead O'Connor.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Sinead O Connor. Pusat Kebudayaan Islam Dublin terbuka jika keluarga menginginkan jenazah O Connor diurus di sana. (ilustrasi).
Foto: MTI
Sinead O Connor. Pusat Kebudayaan Islam Dublin terbuka jika keluarga menginginkan jenazah O Connor diurus di sana. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang tokoh terkemuka dalam komunitas Muslim Irlandia mengatakan Sinead O'Connor dapat dimakamkan dengan syariat pemakaman Islam sesuai dengan keyakinan agamanya. Dr Ali Selim dari Pusat Kebudayaan Islam Dublin mengatakan, keluarga almarhumah penyanyi itu belum menghubungi masjid untuk mengatur pemakamannya. Namun, pihaknya siap untuk membantu prosesi pemakaman.

“Tentu saja jika dia seorang Muslim dan disetujui oleh keluarganya, saya akan dengan senang hati memfasilitasi prosedur pemakaman Islam untuknya,” kata dr Selim melansir dari laman Irish Mirror, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga

Menurut dia, O’Connor benar-benar menjalankan agama Islam dengan tulus dan sangat bangga menjadi seorang Muslim. Apalagi, O'Connor juga berbicara secara terbuka tentang keputusan memeluk Islam.

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan belasungkawa tulus saya kepada semua anggota keluarganya. Ini adalah saat yang sangat menyedihkan, membaca berita bahwa dia telah meninggal dunia,” kata dr Selim.

 

Jika O'Connor dimakamkan secara Islami, dr Selim menguraikan apa saja prosesinya. Ia mengatakan ini adalah masa yang sulit bagi seluruh anggota keluarga, begitu pula komunitas Muslim yang diikutinya.

“Kalau pemakaman dilakukan secara Islami, jenazah akan diantarkan ke ICI (Pusat Kebudayaan Islam). Semua yang terjadi di ICI tidak dipungut biaya. Kalau jenazah dibawa ke sini akan dimandikan dan dikafani yang dilakukan oleh sesama perempuan,” kata dia.

“Dari sudut pandang Muslim, kami percaya bahwa jika seseorang meninggal dunia, jenazahnya tetap dihormati dan diperlakukan dengan cara yang sama seperti ketika orang itu masih hidup,” kata dr Selim lagi.

Setelah itu, jenazah akan dibawa ke aula untuk disholatkan. Setelah itu, akan dibawa ke pemakaman Muslim di Newcastle, di mana semua orang yang hadir akan berdoa agar almarhumah beristirahat dengan tenang.

“Sholat jenazah memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah sholat akan ada waktu untuk menyampaikan belasungkawa kepada anggota keluarganya,” kata dr Selim.

“Setelah jenazah siap, jika keluarga ingin menghabiskan waktu bersamanya, ada ruangan yang bisa difasilitasi. Tetapi itu biasanya dilakukan sebelum sholat jenazah,” kata dia lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyanyi mualaf asal Irlandia, Sinead O'Connor, dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (26/7/2023) pada usia 56 tahun. Dia mengembuskan napas terakhirnya di London, Inggris. Hingga kini, belum ada pernyataan keluarga mengenai waktu dan lokasi O'Connor akan dimakamkan.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement