Rabu 10 Jan 2024 19:00 WIB

Penyebab Kematian Almarhumah Sinead O'Connor Akhirnya Diungkap ke Publik

Sinead O'Connor meninggal dunia di Inggris pada 25 Juli 2023.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Sinead O Connor meninggal dunia  Inggris pada 25 Juli 2023.
Foto: EPA-EFE/Marton Monus HUNGARY
Penyanyi Sinead O Connor meninggal dunia Inggris pada 25 Juli 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyebab kematian legenda musik Irlandia, Sinead O'Connor, akhirnya diungkap ke publik. Pejabat kepolisian menyampaikan bahwa O'Connor yang menjadi mualaf pada 2018 dan memilih nama Islami, yaitu Shuhada Sadaqat, itu meninggal dunia karena sebab alamiah.

"Ini untuk memastikan bahwa O'Connor meninggal karena sebab alamiah. Oleh karena itu, petugas koroner berhenti terlibat dalam kematiannya," kata juru bicara Pengadilan Koroner Southwark, dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga

Istilah "meninggal karena sebab alamiah" kerap diasosiasikan dengan wafat karena usia tua. Padahal, tidak hanya itu. Meninggal karena sebab alamiah artinya kematian disebabkan oleh penyakit yang ada di dalam tubuh dan bukan disebabkan oleh faktor eksternal.

Ahli patologi Kathryn Pinneri mengatakan kanker, strok, dan diabetes diklasifikasikan sebagai "meninggal karena penyebab alami". Sementara, contoh kematian 'nonalami' termasuk kecelakaan lalu lintas, bunuh diri, overdosis obat-obatan, atau kecelakaan tenggelam.

 

Pakar patologi anatomi dan forensik David Fowler menjelaskan kematian karena sebab alamiah merupakan kematian akibat "proses penyakit alami". Dia mencontohkan penyakit yang termasuk di dalamnya seperti infeksi atau penyakit jantung.

"Jika saya berolahraga dan mengalami serangan jantung, maka itu alamiah. Tetapi jika seseorang yang berolahraga meninggal karena sesuatu yang disebabkan oleh aktivitas tersebut, seperti cedera kepala, maka kematian tersebut tidak ''alami''," tutur Fowler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement