Rabu 26 Jul 2023 17:15 WIB

Bandingkan dengan Islamofobia, Utusan India Singgung Penistaan Agama Hindu di Oppenheimer

Industri Hollywood dinilai tidak sensitif terhadap kepercayaan Hindu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Perwakilan India menulis surat terbuka kepada sutradara Christopher Nolan tentang keberatan negaranya mengenai adegan di film Oppenheimer.
Foto:

Uday menilai, industri Hollywood dan media secara luas tidak sensitif terhadap kepercayaan Hindu. Padahal, menurut dia, Hollywood sudah bisa sensitif terhadap Al-Quran dan Islam dengan tidak menggambarkan umat Islam sebagai teroris di layar.

"Istilah islamofobia telah populer ketika mereka menghadapi isu seperti ini. Mengapa hal yang sama tidak boleh diberikan kepada umat Hindu?,” kata Uday.

Atas nama miliaran umat Hindu, Udah kemudian mendesak Nolan untuk menghapus adegan seks tersebut dan kembali menegakkan martabat kitab suci mereka.

"Jika Anda memilih untuk mengabaikan permohonan ini, hal ini akan dianggap sebagai sebuah penyerangan yang disengaja terhadap peradaban India," kata Uday.

Menurut Variety, pernyataan Uday ini muncul setelah masyarakat India mengeluhkan penggunaan kitab suci agama Hindu dalam adegan seks. Menyusul protes tersebut, Menteri Informasi dan Penyiaran India, Anurag Thakur, menginstruksikan pembuat film untuk menghapus adegan yang menampilkan kitab suci umat Hindu tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement