Senin 11 Mar 2024 12:07 WIB

Oppenheimer Bawa Pulang Tujuh Piala pada Oscars 2024

Oppenheimer membawa pulang tujuh Piala Oscar pada Ahad malam.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Pemeran dan kru Oppenheimer menerima penghargaan untuk film terbaik pada Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles.
Foto: AP Photo/Chris Pizzello
Pemeran dan kru Oppenheimer menerima penghargaan untuk film terbaik pada Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film biografi blockbuster karya Christopher Nolan, Oppenheimer, meraih kemenangan di Oscar tahun ini dengan membawa pulang tujuh penghargaan termasuk Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sutradara Terbaik. Dan ini menjadikan film tersebut pemenang terbesar tahun ini.

Drama yang menceritakan kisah ‘bapak bom atom’, kalah dalam pertarungan box office dengan Barbie selama pertarungan Barbenheimer musim panas lalu. Tapi kini Oppenheimer memenangkan perang penghargaan dengan komedi Mattel karya Greta Gerwig yang hanya memenangkan satu Oscar untuk Lagu Orisinal Terbaik.

Baca Juga

photo
Cillian Murphy berpose di ruang pers dengan penghargaan penampilan terbaik oleh aktor pemeran utama Oppenheimer di Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles. - (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Cillian Murphy dinobatkan sebagai Aktor Terbaik atas penampilannya, mengalahkan Paul Giamatti dan Jeffrey Wright. Robert Downey Jr dinobatkan sebagai Aktor Pendukung Terbaik, melawan Robert De Niro dan Ryan Gosling.

Murphy, yang memenangkan Oscar pertamanya dari nominasi pertamanya, juga merupakan pemenang kelahiran Irlandia pertama dalam kategorinya. “Saya sedikit kewalahan,” kata dia sebelum mendedikasikan penghargaannya kepada para pembawa perdamaian di mana pun.

Downey Jr memenangkan Oscar pertamanya setelah sebelumnya dinominasikan dua kali untuk Chaplin dan Tropic Thunder. “Saya ingin berterima kasih kepada masa kecil saya yang buruk dan juga kepada Akademi,” kata dia.

photo
Robert Downey Jr., pemenang penghargaan untuk penampilan terbaik oleh aktor dalam peran pendukung untuk Oppenheimer, menghadiri pesta setelah Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles. - (AP Photo/John Locher)

Nolan meraih Sutradara Terbaik pertamanya, setelah sebelumnya dinominasikan untuk Dunkirk, mengalahkan Martin Scorsese dan Jonathan Glazer. “Kami tidak tahu ke mana arah perjalanan luar biasa ini selanjutnya, tetapi mengetahui bahwa menurut Anda saya adalah bagian yang berarti darinya, ini sangat berarti bagi saya,” ujar dia.

Oppenheimer juga memenangkan bidang penyuntingan, sinematografi, dan skoring. Film ini memasuki malam Oscar dengan 13 nominasi, memimpin seluruh film tahun 2024.

Tetapi Oppenheimer tidak memenangkan Skenario Adaptasi Terbaik, yang dimenangkan oleh Cord Jefferson untuk American Fiction. Ia juga kehilangan Desain Kostum Terbaik, Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik, serta Desain Produksi Terbaik, yang semuanya dimenangkan oleh Poor Things. Emily Blunt kalah dari Da’Vine Joy Randolph di The Holdovers dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik. Dan kalah dari Zone of Interest untuk Suara Terbaik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement