Selasa 06 Jul 2021 11:16 WIB

Sutradara Lethal Weapon Richard Donner Tutup Usia

Sutradara kawakan Richard Donner meninggal dunia dalam usia 91 tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara Hollywood Richard Donner dan istrinya Lauren Donner. RIchard yang terkenal sebagai pengarah film Lethal Weapon, The Goonies, dan The Omen meninggal dunia dalam usia 91 tahun.
Foto:

Perselisihan dengan produser menyebabkan Donner tak mau namanya dicantumkan di Superman II (1980). Alhasil, kredit diberikan kepada Richard Lester yang masuk setelah Donner merekam sebagian besar film. Director's cut yang menampilkan adegan tambahan yang disutradarai oleh Donner dirilis pada tahun 2006.

Pada tahun 1985, Donner mengarahkan petualangan anak-anak The Goonies, dengan naskah yang ditulis oleh Chris Columbus berdasarkan sebuah cerita oleh Steven Spielberg. Spielberg, yang memproduksi The Goonies, juga menuliskan pesan duka cita sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter.

"Dick memiliki perintah yang kuat dalam filmnya, dan sangat berbakat dalam banyak genre. Berada di lingkarannya mirip dengan bergaul dengan pelatih favorit Anda, profesor terpandai, motivator paling sengit, teman paling menawan, sekutu paling setia, dan tentu saja, Goonie terhebat dari semuanya," tulis Spielberg.

"Dia anak-anak. Segenap hati. Sepanjang waktu. Aku tidak percaya dia sudah pergi, tapi tawanya yang serak dan hangat akan selalu menemaniku,” tambahnya.

Dengan film aksi 1987 Lethal Weapon, Donner memulai mega-franchise yang memasangkan Danny Glover dengan bintang Mad Max Mel Gibson sebagai mitra polisi. Donner menyutradarai keempat film Lethal Weapon dalam rentang 11 tahun dan meraup lebih dari 900 juta dolar AS secara global serta.

Lethal Weapon sekaligus membuat Gibson menjadi superstar. Donner juga menyutradarai film klasik Natal Scrooged (1988) yang menampilkan Bill Murray sebagai eksekutif televisi yang egois serta mengarahkan drama tahun 1992, Radio Flyer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement