Sabtu 13 Apr 2024 14:39 WIB

Superman dan Wonder Woman, Siapa Superhero yang Lebih Kuat?

Superman sering dianggap sebagai superhero terkuat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Superman (kiri) dan Wonder Woman (kanan). Superman dan Wonder Woman sering disebut sebagai superhero terkuat. Namun siapakah yang lebih kuat di antara keduanya?
Foto: Dok. DC/Warner Bros
Superman (kiri) dan Wonder Woman (kanan). Superman dan Wonder Woman sering disebut sebagai superhero terkuat. Namun siapakah yang lebih kuat di antara keduanya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Superman dianggap sebagai salah satu karakter superhero terkuat tidak hanya di DC Universe tetapi juga di semua komik pahlawan super. Dilansir laman Movieweb di DC Universe, tidak banyak superhero yang bisa menandingi Man of Steel tersebut.

Namun salah satu pahlawan super yang sering dianggap setara dengannya adalah Wonder Woman. Dibuat pada 1941, hanya tiga tahun setelah Superman memulai debutnya, Wonder Woman juga menjadi simbol kekuatan.

Baca Juga

Superman, Wonder Woman, dan Batman membentuk apa yang dikenal sebagai DC Trinity, tiga pahlawan paling populer dan berpengaruh di DC Universe. Meskipun Batman selalu ditulis untuk menjadi yang teratas dalam pertarungan, sebagian besar penggemar tahu bahwa dalam hal kekuatan, dia bukanlah yang terkuat.

Superman dan Wonder Woman adalah dua sosok yang meskipun bersekutu, namun di beberapa kesempatan juga saling bertukar pukulan. Hal ini menimbulkan pertanyaan siapa yang lebih kuat, apakah Superman atau Wonder Woman?

Superman diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster dan memulai debutnya di Action Comics #1 pada 1938. Meskipun ia memiliki kekuatan super pada awal diciptakan, tetapi itu belum sekuat sekarang.

Dia tidak bisa terbang pada penampilan pertamanya, namun sebaliknya, dia bisa melompati gedung-gedung tinggi dalam satu lompatan. Seiring waktu, Superman tidak hanya memperoleh kemampuan terbang tetapi juga mengembangkan kekuatan yang lebih fantastis, dan kekuatannya bertambah.

Kemampuan Superman antara lain kekuatan super, stamina, kekebalan, dan kecepatan super yang tergolong lebih cepat dari peluru yang melaju kencang. Dia juga memiliki tembakan api dari matanya, penglihatan sinar X, dan napas kuat yang dapat menciptakan angin kencang dan dapat membekukan benda.

Banyak orang mungkin mengklasifikasikan Superman sebagai pria kuat, berotot tanpa otak, tapi dia cukup cerdas. Kecepatan supernya memungkinkan dia memproses banyak informasi, dan dia juga memiliki akses terhadap teknologi alien di benteng kesendiriannya.

Wonder Woman dibuat oleh psikolog William Moulton Marston dan artis Harry G Peter, memulai debutnya di All-Star Comics #8. Marston mendasarkan Wonder Woman pada istrinya, Elizabeth, dan pasangan mereka, Olive Byrne. 

Awalnya digambarkan sebagai patung tanah liat yang diberi kehidupan oleh para dewa, Wonder Woman kemudian ditetapkan sebagai setengah dewa dari putri Zeus, Ratu Amazon Hippolyta. Wonder Woman dibesarkan di Themisycra, pulau Amazon, dan menghabiskan hidupnya berlatih sebagai seorang pejuang. Namun Wonder Woman bukan hanya seorang petarung yang terampil tetapi juga diajari seni, filsafat, dan politik serta memiliki tingkat kecerdasan praktis dan emosional yang tinggi.

Wonder Woman yang menjadi setengah dewa, memberinya kekuatan super. Dia hampir kebal dan memiliki peningkatan kecepatan, penyembuhan, dan juga kemampuan terbang. Pengungkapan bahwa dia adalah putri Zeus juga berarti dia dapat memanfaatkan petir dan menggunakannya sebagai senjata. Wonder Woman juga memiliki banyak senjata, termasuk gelang khasnya.

Fakta bahwa Wonder Woman adalah setengah dewa memberinya peluang besar untuk bertarung dengan Superman. Superman adalah salah satu karakter terkuat sepanjang masa, namun ia memiliki kelemahan. Meskipun kebanyakan orang mengetahui kelemahan khas Kryptonite, kelemahan lain yang diabaikan adalah dia tidak memiliki kekebalan terhadap sihir. Wonder Woman memiliki sihir dan karenanya dapat membahayakan Superman.

Meskipun jawaban yang jelas dari pertanyaan "Apakah lebih kuat Superman atau Wonder Woman" adalah Superman, namun sebenarnya lebih rumit dari itu. Menghilangkan hambatan Superman dan menjadikannya jahat tanpa mempedulikan nyawa atau keselamatan seseorang membuat kekuatannya yang hampir seperti dewa lebih unggul.

Ketika penggemar bertanya siapa yang akan menang antara Superman dan Wonder Woman, mereka ingin tahu karakter yang bertarung dengan penggambaran yang paling umum dari diri mereka sendiri dan bukan hanya dari luarnya saja.

Jika Superman memberikan segalanya pada Wonder Woman, dia mungkin bisa menyakitinya dengan sangat buruk dan mungkin menghentikannya. Petir Zeus sudah terbukti memiliki kekuatan untuk melukai Superman, berkat cara Shazam menggunakannya dalam komik. Wonder Woman dapat dengan mudah menggunakannya, dan gelangnya dapat menghalangi tembakan mata dari Superman.

Superman mungkin memiliki kekuatan yang lebih besar daripada Wonder Woman dalam hal kekuatan fisik dan kemampuan ekstra, tetapi Wonder Woman memiliki lebih banyak pengetahuan. Karena kekuatannya yang luar biasa, Superman kurang berlatih tempur dan lebih mengandalkan kekuatan fisik untuk mengalahkan lawan. Wonder Woman juga memiliki kekuatan super, tetapi dia dapat memadukannya dengan berbagai bentuk seni bela diri dan teknik bertarung berbeda yang mungkin tidak siap diterima oleh Superman. Pada dasarnya, Wonder Woman adalah yang terbaik dari Batman dan Superman, dengan keterampilan dan kekuatan. 

Superman masih menjadi pahlawan paling kuat di DC Universe. Namun ada alasan mengapa Wonder Woman berada di urutan kedua, dan jika keadaannya tepat, bisa menjadikannya nomor satu.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement