Senin 08 Apr 2024 19:45 WIB

Film Superhero DC yang akan 'Tinggalkan' Netflix, Apa Saja?

Proses penghapusan film DC diperkirakan akan selesai dalam bulan ini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Justice League karya Zack Snyder. Film-film superhero DC banyak yang akan tinggalkan Netflix.
Foto: HBO Max
Justice League karya Zack Snyder. Film-film superhero DC banyak yang akan tinggalkan Netflix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bagi para penggemar setia waralaba film superhero DC, bulan April ini membawa kabar menyedihkan. Para penggemar yang mengandalkan Netflix untuk menonton film-film superhero kesayangan mereka dari DC Comics harus segera mencari alternatif lain, karena sebagian besar dari koleksi film DC akan meninggalkan platform streaming tersebut.

Menurut laporan dari What's On Netflix, banyak rilis film DC telah mulai meninggalkan Netflix. Proses penghapusan ini diperkirakan akan selesai dalam bulan ini.

Baca Juga

Film-film yang akan meninggalkan Netflix antara lain DC League of Super-Pets, Green Lantern, Aquaman, Batman v Superman: Dawn of Justice, Birds of Prey, Black Adam, Justice League, Man of Steel, Shazam!, Shazam! Fury of the Gods, Suicide Squad, The Batman, The Suicide Squad, Wonder Woman, dan Wonder Woman 1984. Sementara itu, DC Teen Titans Go! To The Movies tersedia hingga 8 April, dan Joker hingga 1 Mei. Dilansir Movieweb pada Senin (8/4/2024), pemindahan film-film DC dari Netflix ini merupakan bagian dari kebijakan lisensi yang berubah dari Warner Bros Pictures.

Sejak Desember 2023, Warner Bros Discovery telah mulai melisensikan perilisan film-film tersebut ke platform streaming pihak ketiga seperti Netflix. Meskipun demikian, durasi lisensi untuk judul-judul DC di Netflix hanya berlangsung sekitar tiga hingga lima sebelum film tersebut dihapus dari platform.

Film-film tersebut kemungkinan akan tersedia di platform streaming lain dengan perjanjian lisensi pihak ketiga yang baru. Di tengah perubahan ini, HBO Max (kini Max) juga memainkan peran penting dalam distribusi konten DC Comics.

Sebelumnya, HBO sangat melindungi properti intelektualnya, tetapi dengan perubahan lanskap streaming, HBO Max telah mengadakan kesepakatan untuk melisensikan beberapa acara dan filmnya ke platform streaming lain. Meskipun demikian, banyak dari serial DC, seperti acara Arrowverse, masih tetap eksklusif di Netflix dan beberapa judul lainnya masih tersedia di Netflix AS.

Bagi penggemar di luar Amerika Serikat, masih ada harapan untuk menemukan beberapa rilis DC di Netflix di wilayah internasional. Namun, dengan perubahan yang terus berlanjut dalam industri streaming, para penggemar harus tetap mengikuti perkembangan terbaru tentang cara menikmati film-film superhero favorit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement