Selasa 06 Dec 2016 15:05 WIB

Chef Edrian Tjhia Paling Suka Sarapan Buah

Chef Eddrian Tjhia
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Chef Eddrian Tjhia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef Eddrian Tjhia merupakan penggemar buah-buahan. Bahkan setiap pagi ia selalu sarapan dengan buah yang diolahnya dalam beragam bentuk.

"Saya buah semua suka," katanya, ditemui di acara promosi buah asal Amerika, di Superindo Duren Tiga, Selasa (6/12). Menurut Eddrian buah paling baik dimakan saat perut kosong. Karena itu ia memilih buah sebagai sarapannya. Ada banyak cara mengolah buah yang mudah untuk makan pagi. Mulai dari dimakan begitu saja, hingga dijus, dibuat smoothie, atau ditambahkan ke atas roti.

Misalnya, untuk smoothie. Eddrian mengatakan bisa mencampur potongan apel dengan yogurt dan susu. Kemudian tambahkan pisang dan taburan lain yang disukai. Misalnya biji chia sebagai penambah serat.

Juru masak dengan spesialis hidangan bangka itu mengatakan buah baik bagi kesehatan. "Seratnya tinggi. Kita tahu kekurangan serat bisa menimbulkan risiko BAB tidak lancar," katanya. Bila sudah terjadi otomatis tubuh akan terganggu dan bukan mungkin menimbulkan risiko kanker usus.

Ada banyak cara pula untuk mengajak anak makan buah. Eddrian mengatakan orang tua hanya perlu kreatif.

"Potong buah dengan cetakan yang lucu. Yang bentuk-bentuk menarik, bintang misalnya. Itu pasti bikin anak ingin memakannya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement