Senin 22 Jan 2024 19:00 WIB

Jalani Operasi Perut Seperti Kate Middleton, Pemulihannya Seperti Apa?

Kate Middleton harus istirahat hingga April telah menjalani operasi perut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Princess of Wales Kate Middleton. Istana Kensington mengabarkan Middleton masih harus menjalani pemulihan hingga April mendatang setelah operasi perut.
Foto:

Kebiasaan Buang Air

Dalam kasus operasi perut yang lebih spesifik, misalnya operasi usus, pasien bisa merasa tidak tuntas setelah berkemih. Keluhan ini biasanya akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Pola buang air besar juga bisa terdampak pascaoperasi. Bila tidak buang air besar selama tiga hari atau lebih pascaoperasi, pasien dianjurkan untuk menggunakan pencahar.

Olahraga dan Bergerak

Pasien dianjurkan untuk rutin berjalan kaki mulai dari satu hari setelah operasi. Aktivitas ini dapat membantu pasien untuk meningkatkan kembali kadar aktivitas fisik mereka setelah operasi.

Di awal, pasien cukup melakukan jalan kaki pendek selama sekitar 10 menit. Intensitas ini bisa ditingkatkan secara perlahan, sesuai dengan kemampuan tubuh.

"Setelah sekitar enam pekan, Anda seharusnya sudah bisa berjalan selama sekitar satu setengah jam," ungkap London North West University Healthcare NHS Trust.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement