Kamis 14 Dec 2023 21:53 WIB

Ini Adaptasi Film yang Disukai Penulis Asli Bukunya

Beberapa penulis mengapresiasi pengembangan yang dilakukan film.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
How To Train Your Dragon.
Foto:

3. Suzanne Collins, Hunger Games

Buku Mockingjay diadaptasi menjadi film pada 2014. The Hunger Games adalah franchise multi-film yang dibintangi Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen. Film-film tersebut berdasarkan pada seri buku distopia dewasa muda karya penulis Suzanne Collins.

Film pertama dirilis pada  2012, disusul oleh Catching Fire pada tahun 2013, Mockingjay Part 1 pada tahun 2014, dan Mockingjay Part 2 pada tahun 2015. Pada tahun 2023, film kelima dari seri tersebut dirilis, The Ballad of Songbirds and Snakes.

4. George RR Martin, Game of Thrones

Buku diadaptasi ke serial TV pada 2011. Game of Thrones adalah franchise multimedia yang dibuat oleh George R.R. Martin. A Song of Ice and Fire karya Martin menjadi dasar serial HBO pemenang penghargaan Game of Thrones, yang berlangsung selama delapan musim. Setelah musim terakhir Game of Thrones yang sangat memecah belah, serial ini diikuti oleh seri prekuel House of the Dragon, yang juga mendapat pujian kritis.

Karakter yang disuka penulis dari serial TV Game of Thrones adalah Shae, karena tidak terlalu dangkal seperti di dalam buku. Sebaliknya, dia adalah karakter yang kompleks dengan perasaan dan motivasi yang lebih jelas.

5. Arthur C Clark, 2001: A Space Odyssey

Film 2001: A Space Odyssey adalah salah satu film Stanley Kubrick yang paling terkenal. Merupakan epik fiksi ilmiah, film ini menceritakan kisah perjalanan Discovery One, sebuah pesawat ruang angkasa yang dioperasikan oleh sekelompok ilmuwan, astronot, dan komputer mahluk hidup, dalam misi ke Jupiter untuk menyelidiki monolit misterius. 

Film didasarkan pada novel klasik karya Arthur C Clark dan memuat beberapa perbedaan dari materi sumbernya. Salah satu yang lebih jelas adalah perjalanan ke Jupiter dalam film tersebut, sedangkan kapal melakukan perjalanan ke Saturnus dalam novel aslinya. Meskipun Clark belum pernah mengatakan bahwa dia lebih menyukai perubahan ini, namun tersirat dalam keputusannya untuk mengingat kembali tujuan asli dalam novel sekuelnya, 2010: Odyssey Two bahwa latarnya selama ini adalah Jupiter, lebih mirip dengan film daripada novel aslinya.

Buku ini diadaptasi menjadi film pada 1968.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement