Sabtu 11 Nov 2023 15:17 WIB

Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan dan Minum Ini, Tunggu 15-20 Menit

Setelah mengonsumsi makanan yang merusak email gigi, Anda harus tunda menyikat gigi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Menyikat gigi (ilustrasi). Ada beberapa makanan dan kondisi di mana Anda disarankan untuk menunda menyikat gigi.
Foto: Max Pixel
Menyikat gigi (ilustrasi). Ada beberapa makanan dan kondisi di mana Anda disarankan untuk menunda menyikat gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin Anda pernah mendengar saran bahwa setelah makan sesuatu yang keras, perlu segera menyikat gigi untuk menghindari kerusakan. Namun para ahli mengatakan, dalam beberapa kasus yang terjadi justru sebaliknya.

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang merusak email gigi, Anda harus menunda menyikat gigi. Seorang dokter gigi yang berbasis di Toronto dan pendiri Paste Dental, Derek Chung, berbagi dalam video TikTok baru-baru ini. Dia mengatakan, ada makanan atau kondisi khusus yang memerlukan masa tunggu 15 hingga 20 menit sebelum Anda menyikat gigi. 

Baca Juga

Dilansir laman Best Life pada Sabtu (11/11/2023), dalam postingan TikTok terbarunya, Chung mengatakan ada satu pertanyaan yang ditanyakannya setiap hari sebagai dokter gigi. Pasien biasanya ingin tahu apakah mereka harus menyikat gigi sebelum atau sesudah sarapan. “Ini adalah perdebatan yang sudah berlangsung lama,” katanya. 

Jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda. “Sejujurnya, menyikat gigi sebelumnya boleh saja, tapi jangan langsung menyikat gigi setelah sarapan. Enamel gigi lebih tipis, mulut lebih asam, dan Anda benar-benar akan mengikis enamel tersebut,” ujarnya.

 

Sebaliknya, Chung mengatakan Anda harus menundanya selama 15 hingga 20 menit setelah makan, lalu menyikat gigi. Sambil menunggu, Anda bisa minum air putih atau berkumur dengan obat kumur.

"Makanan fermentasi dapat membuat gigi Anda rentan terhadap kerusakan," kata Chung. 

Secara khusus, dia menyarankan untuk tidak menyikat gigi segera setelah makan kimchi. “Kimchi sangat asam, pada dasarnya seperti acar Asia,” jelasnya. 

Jika Anda makan banyak kimchi, enamelnya akan lebih lembut. Jangan langsung menyikat gigi setelahnya, atau Anda akan mengikis enamel Anda.

Dia juga mencatat bahwa ada pola yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda harus segera menyikat gigi atau tidak. "Setiap kali Anda makan sesuatu yang sangat asam, Anda harus berhenti sejenak sebelum menyikat gigi," katanya.

Dalam postingan TikTok terpisah tentang masalah ini, Chung membagikan daftar panjang contoh di mana Anda tidak boleh segera menyikat gigi karena keasaman. "Acar sayuran, kopi, buah jeruk, dan minuman berkarbonasi semuanya memerlukan waktu tunggu 15 hingga 20 menit sebelum menyikat gigi," kata dokter gigi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement