Kamis 19 Oct 2023 21:50 WIB

Prisia Nasution Debut Jadi Sutradara, Film Perdananya akan Tayang di JWCW 2023

Prisia Nasution menggarap film perdanaya sebagai sutradara berjudul Melukis Luka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Prisia Nasution. Prisia debut sebagai sutradara. Film perdanya berjudul Melukis Senja bakal tayang di Jakarta Wold Cinema Week (JMFW) 2023.
Foto: Republika/Prayogi
Prisia Nasution. Prisia debut sebagai sutradara. Film perdanya berjudul Melukis Senja bakal tayang di Jakarta Wold Cinema Week (JMFW) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prisia Nasution selama ini dikenal sebagai aktris yang membintangi sejumlah film lintas genre. Deretan tokoh di sinema drama, laga, komedi, hingga sejarah, semua pernah diperankan dengan apik oleh perempuan 39 tahun keturunan Batak tersebut.

Kini, Prisia menandai debutnya sebagai sutradara dengan mengarahkan film Melukis Luka, yang akan tayang di Jakarta World Cinema Week (JWCW) 2023. Film dibintangi oleh Bio One dan Rachel Amanda, tentang seseorang yang masih menyimpan trauma akibat tragedi Mei 1998.

Baca Juga

Disampaikan Prisia, semula dia tidak berniat mengembangkan karier jadi sutradara. Awal mula ide dari film Melukis Luka adalah karena hobi jalan-jalan yang membawa dia bertandang ke kawasan Glodok di Jakarta, yang dulu amat terimbas insiden Mei 1998.

"Waktu jalan ke sana, semakin masuk ke dalam, semakin melihat ada banyak luka. Tempat usang, rumah-rumah terbengkalai. Nanya-nanya juga dan ada banyak cerita yang aku dapat, dan aku mau mengangkat tentang keresahan itu," ujar Prisia pada konferensi pers JWCW 2023 di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Dia membocorkan, aktor Bio One berperan sebagai sosok introver yang takut dengan dunia luar akibat masa lalunya yang kelam. Prisia mengatakan, salah satu hal yang cukup sulit adalah menutup tato di lengan Bio supaya terlihat meyakinkan sebagai tokoh yang diperankan.

Film Melukis Luka akan tayang di segmen "KlikFilm Originals" di JWCW 2023. Festival yang sudah memasuki tahun kedua penyelenggaraan itu digelar secara daring dan luring pada 11-18 November 2023. Acara daring bisa disimak di KlikFilm, sementara festival luring bisa didatangi di bioskop CGV Grand Indonesia, Jakarta.

Selain Melukis Luka, ada deretan judul lain yamg diputar pada segmen "KlikFilm Originals". Ada film Koridor besutan sutradara Indra Gunawan yang dibintangi Prisia Nasution dan Iedil Dzuhri Alaudin, film Malaikat Tanpa Sayap karya Danial Rifki, dibintangi Mawar Eva De Jongh dan Ciccio Manassero, serta Badrun & Loundri dari sutradara Garin Nugroho, dibintangi Shenina Cinnamon, Erick Estrada, dan Arswendy Bening Swara.

Festival Director JWCW Shandy Gasella mengatakan, JWCW 2023 menghadirkan 90 film dari 54 negara. Dia berharap posisi JWCW semakin baik di skena festival film Tanah Air dan dapat lebih diterima semua kalangan. "Saya ingin orang mengingat JWCW sebagai festival film yang ramah dengan audiens umum, bahwa film-film yang tayang di JWCW, lewat kurasi yang cermat dapat mengenyahkan kesan jika “film festival” itu selalu bikin ngantuk," kata Shandy.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement