Kamis 19 Oct 2023 18:52 WIB

Film dari 54 Negara Bakal Hadir di Jakarta World Cinema Week, Total Ada 90 Film

Jakarta World Cinema Week 2023 akan digelar pada 11-18 November.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Konferensi pers Jakarta World Cinema Week (JWCW) 2023 di CGV Mall FX Sudirman, Jakarta, Kamis (19/10/2023).
Foto: Dok. Republika/Shelbi Asrianti
Konferensi pers Jakarta World Cinema Week (JWCW) 2023 di CGV Mall FX Sudirman, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penikmat film berkesempatan "berburu" tayangan berkualitas dari belahan dunia lain di festival film Jakarta World Cinema Week (JWCW) 2023. Festival yang berlangsung secara luring dan daring pada 11-18 November 2023 tersebut menyuguhkan 90 film dari 54 negara.

Deretan film itu bisa disimak di bioskop CGV Grand Indonesia, Jakarta, serta secara daring melalui layanan video streaming KlikFilm. Di tahun keduanya, JWCW menampilkan film dari dalam dan luar negeri dengan satu tema besar, yakni soal represi sosial.

Baca Juga

Inshallah A Boy garapan sutradara asal Yordania, Amjad Al-Rasheed, dipilih sebagai film pembuka. Sinema yang mendapatkan pujian saat diputar di Cannes 2023 itu mengangkat isu seputar hukum hak waris dalam Islam yang menimpa seorang janda beranak satu.

Sebagai penutup festival, dipilih film Shayda garapan Noora Niasari, sutradara kelahiran Iran yang kini menetap di Australia. Alur ceritanya merupakan dramatisasi kisah hidup Noora bersama sang ibunda yang pernah merasakan pahitnya hidup di penampungan imigran.

"Dua film ini memiliki benang merah, tentang perjuangan perempuan Muslim di tengah problem dunia," kata Program Manager JWCW 2023, Daniel Irawan, pada konferensi pers di CGV Mall FX Sudirman, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Deretan judul film yang hadir di JWCW termasuk Monster (Hirokazu Koreeda, 2023), The Pot au Feu (Anh Hung Tran, 2023), Perfect Days (Wim Wenders, 2023), Fallen Leaves (Aki Kaurismaki, 2023), Badrun & Loundri (Garin Nugroho, 2023), A Brighter Tomorrow (Nanni Moretti, 2023), dan masih banyak lagi. Ada 35 film yang tayang di CGV, dan 55 film tayang di KlikFilm.

Film-film itu dikelompokkan berdasarkan genre dan kesamaan tema. Pada tahun kedua JWCW ini, kembali hadir segmen "Icons", "Breakthru", "Eastern Currents", "Fantasticinema", "Adolescence", "Independent Animation", "Windows to the World", "Philosia", "Classic", serta "KlikFilm Original". Dihadirkan pula segmen baru khusus tayangan dokumenter, yakni "Doc!".

Penggemar film Indonesia bisa menonton banyak tayangan berkualitas dalam negeri. Ada Melukis Luka (debut penyutradaraan Prisia Nasution), Koridor (garapan Indra Gunawan), Malaikat Tanpa Sayap (sutradara Danial Rifki), dan versi remastered film klasik Ramadhan dan Ramona. Selain pemutaran film, pengunjung JWCW bisa mengikuti "Masterclass on Filmmaking" serta banyak acara menarik lain.

Harga tiket untuk menonton film-film JWCW 2023 di CGV sebesar Rp 35 ribu. Terdapat potongan harga bagi penonton mahasiswa serta promo dari BCA. Untuk film yang tayang di kanal streaming KlikFilm dapat diakses dengan berlangganan paket mulai Rp 4.000 untuk akses tiga hari, dan Rp 30 ribu untuk akses satu bulan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement