Rabu 04 Oct 2023 15:54 WIB

Ulasan Film Horor The Exorcist: Believer, Kisah Segar yang Kurang Klimaks

The Exorcist: Believer mulai tayang Rabu (4/10/2023).

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Exorcist: Believer.
Foto: Dok. Universal Pictures
Salah satu adegan di film The Exorcist: Believer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oktober merupakan salah satu bulan spesial karena erat dengan nuansa horor. Banyak film horor yang berdatangan memasuki bioskop Tanah Air, mulai film luar negeri hingga film lokal. Salah satu film horor ikonik yang tidak boleh dilewatkan adalah The Exorcist: Believer, kelanjutan dari The Exorcist (1973).

Sesuai namanya, film itu bergenre horor eksorsis yaitu pengusiran setan dengan upacara tertentu. Setelah 50 tahun, sutradara David Gordon Green membawa film ikonik itu dengan nuansa baru dan penyegaran yang bisa diterima oleh penonton sekarang. Green bukan pemain baru yang terlibat dalam proyek film horor. Sebelumnya, dia pernah menyutradarai serial film Halloween.

Baca Juga

The Exorcist: Believer yang berdurasi 121 menit mengikuti kisah pria bernama Victor Fielding (Leslie Odom Jr) yang harus membesarkan anak semata wayangnya bernama Angela (Lidya Jewett) seorang diri. Istrinya sudah lama meninggal saat Angela masih dalam perut ibunya dalam kejadian gempa bumi Haiti.

Suatu hari, Angela dan temannya Katherine (Olivia O’Neill) menghilang di hutan. Mereka kembali tiga hari kemudian tanpa mengingat apa yang terjadi pada mereka. Seiring berjalannya waktu, Fielding melihat banyak perubahan yang tidak bisa dijelaskan secara medis pada Angela.

Demi menyelamatkan anaknya, dia harus bertemu dengan Chris MacNeil, karakter yang pernah ada pada 1973. Untuk pertama kalinya sejak 1973, Ellen Burstyn harus mengulangi peran ikoniknya sebagai MacNeil, seorang aktris yang berubah karena hal buruk menimpa putrinya Regan (Linda Blair). Akankah Fielding bisa menyelamatkan anaknya dan teman anaknya?

Dalam proyek ini, Green mampu membawakan kengerian dan keseraman tanpa mengandalkan unsur jump scare seperti horor lain. Salah satu contohnya adalah penampakan saat Angela dan Katherine setelah dirasuki roh johat. Tampilan mereka sukses membawa mimpi buruk bagi penonton ditambah dengan soundtrack ikonik yang ada pada film versi 1973, Tubular Bells.

The Exorcist: Believer masih bisa dinikmati bagi mereka yang belum menonton film sebelumnya karena Green membawakan cerita yang berbeda. Meski begitu, Green juga menyelipkan beberapa adegan dan tokoh lama dalam film baru.

Jika eksorsis selalu dipresentasikan dalam kepercayaan Katolik, kali ini Green merepresentasikan dari beberapa keyakinan. Karakter-karakter yang muncul juga beragam, ada yang mempercayai Tuhan dan tidak. Ini membuat nuansa horor baru tercipta oleh Green.

Namun, di beberapa adegan, Green kurang mengeksekusinya dengan baik. Misalnya, adegan klimaks yang telah dinantikan sejak awal film terasa kurang. Padahal semua aktor yang terlibat sudah memberikan penampilan maksimal mereka, khususnya Jewett dan O’Neill.

Secara keseluruhan The Exorcist: Believer bisa menjadi obat rindu bagi mereka penggemar The Exorcist tahun 1973 dan menjadi film yang tidak boleh dilewatkan bagi pencinta horor eksorsis. The Excorsist: Believer sudah tayang di bioskop mulai Rabu 4 Oktober 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement