Rabu 04 Oct 2023 10:08 WIB

Penonton Ice Cold Duga Ayah Mirna Punya Kepribadian Arrogant Narcissistict, Apa Itu?

Gangguan kepribadian narsistik lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan wanita.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Ayah Mirna Salihin, Darmawan Salihin. Penonton film Ice Cold menduga ayah Mirna memiliki kepribadian arrogant-narcissistic.
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ayah Mirna Salihin, Darmawan Salihin. Penonton film Ice Cold menduga ayah Mirna memiliki kepribadian arrogant-narcissistic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam reaksi dan komentar dari penonton muncul setelah menyaksikan film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Salah satunya mengenai tuduhan bahwa ayah Mirna Salihin, Darmawan Salihin, memiliki kepribadian arrogant-narcissistic.

Misalnya seperti yang ditulis akun @dy*** di aplikasi X, "Sosok ayah Mirna digambarkan sebagai orang yang memiliki kepriabadian arogan dan narsistik".

Baca Juga

Ada juga akun @jovidjonat* yang mengatakan, "Ayahnya Mirna bilang Jessica psikoatrik narsistik, tapi dari dokumenternya bisa kita lihat ayahnya Mirna lebih narsistik".

Apa itu arrogant-narcissistic? Gangguan kepribadian narsistik adalah suatu kondisi kesehatan mental di mana orang memiliki rasa kepentingan diri yang terlalu tinggi. Dilansir laman Mayo Clinic, Selasa (3/10/2023), mereka membutuhkan dan mencari terlalu banyak perhatian dan ingin orang lain mengaguminya.

Orang dengan gangguan ini mungkin kurang memiliki kemampuan untuk memahami atau peduli terhadap perasaan orang lain. Tetapi di balik topeng kepercayaan diri yang ekstrem ini, mereka tidak yakin akan harga diri mereka dan mudah marah jika dikritik sekecil apa pun. 

Orang dengan gangguan kepribadian ini umumnya merasa tidak bahagia dan kecewa ketika tidak diberi bantuan atau kekaguman khusus yang mereka yakini pantas mereka dapatkan. Mereka mungkin merasa hubungan mereka bermasalah dan tidak memuaskan, serta orang lain mungkin tidak senang berada di dekat mereka. 

Gangguan kepribadian narsistik lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan perempuan, dan sering kali dimulai pada usia remaja atau awal masa dewasa. Beberapa anak mungkin merupakan ciri khas usia mereka dan tidak berarti mereka akan terus mengembangkan gangguan kepribadian narsistik. 

Gejala gangguan kepribadian narsistik dan tingkat keparahannya bisa berbeda-beda. Orang dengan gangguan ini bisa, memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang terlalu tinggi dan membutuhkan kekaguman yang berlebihan dan terus-menerus. Merasa bahwa mereka berhak mendapatkan keistimewaan dan perlakukan khusus, berharap untuk diakui sebagai yang unggul meskipun tanpa prestasi, menjadikan prestasi dan bakat tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Mereka kerap disibukkan dengan fantasi tentang kesuksesan, kekuatan, kecemerlangan, kecantikan, atau pasangan yang sempurna, dan percaya bahwa mereka lebih unggul dari orang lain dan hanya dapat menghabiskan waktu bersama atau dipahami oleh orang-orang yang sama spesialnya. Gejala lainnya juga berupa bersikap kritis dan meremehkan orang yang dirasa tidak penting, mengharapkan bantuan khusus dan mengharapkan orang lain melakukan apa yang mereka inginkan tanpa mempertanyakannya.

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, memiliki ketidakmampuan atau keengganan untuk mengenali kebutuhan dan perasaan orang lain, iri pada orang lain dan percaya bahwa orang lain iri pada mereka. Mereka kerap mempertontonkan perilaku sombong, banyak menyombongkan diri, dan terkesan sombong, serta bersikeras untuk mendapatkan yang terbaik dari segala sesuatunya, misalnya mobil atau kantor terbaik. 

Dilansir Psychmechanics, Hanan Parvez (MBA, MA Psychology) menulis artikel berjudul “Psychology of an arrogant person”. Di artikel itu, dia menulis arogansi dapat didefinisikan sebagai ciri kepribadian di mana seseorang memiliki rasa harga diri yang sangat tinggi.

Orang yang arogan adalah orang yang bertindak seolah-olah dirinya lebih unggul, lebih berharga, dan lebih penting dibandingkan orang lain. Oleh karena itu, mereka cenderung tidak menghormati dan merendahkan orang lain. Pada saat yang sama, mereka menginginkan kekaguman dan rasa hormat dari orang lain. Mereka ingin dihargai atas hal-hal hebat yang telah mereka lakukan dan atas kualitas serta kemampuan khusus mereka. 

Berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan seseorang mungkin arogan. Meskipun orang-orang menunjukkan beberapa tanda-tanda ini dari waktu ke waktu, jika tanda-tanda ini dominan dalam hidup Anda, ada alasan untuk khawatir. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan harga diri 

Mereka terus membual tentang pencapaian dan berbicara tanpa henti tentang betapa mereka lebih baik dari orang lain. Mereka mengasosiasikan atau mengidentifikasi diri dengan orang, benda, peristiwa, dan tempat yang mereka anggap layak dalam upaya meningkatkan harga diri mereka. 

2. Terlalu peduli dengan pendapat orang lain

Mereka mungkin melakukan hal-hal yang tidak rasional untuk mengesankan orang lain, dan sering kali terlihat putus asa. Orang yang arogan bisa melakukan apa pun untuk dianggap baik oleh orang-orang yang mereka anggap lebih tinggi dari diri mereka sendiri. Diabaikan atau tidak disetujui oleh orang-orang ini mungkin merupakan penghinaan. 

3. Daya saing yang tinggi

Kemenangan adalah cara untuk meningkatkan nilai seseorang. Maka dari itu, orang yang arogan cenderung sangat kompetitif, baik itu kemenangan dalam pekerjaan, hubungan, atau bahkan dalam pertengkaran. 

4. Merendahkan orang lain

Karena orang arogan sangat peduli dengan persaingan, Anda akan sering melihat mereka meremehkan orang lain, terutama pesaingnya. Mereka akan menyalahkan, mengkritik, menghina, dan mengambinghitamkan pesaingnya agar bisa maju. Selain itu, mereka rela melewati batas apa pun untuk membuat pesaingnya terlihat buruk.

5. Arogansi intelektual

Arogansi intelektual adalah kecenderungan masyarakat untuk menganggap suatu keyakinan sebagai kebenaran hanya karena keyakinannya sendiri. Sama seperti orang arogan yang bersaing dalam bidang kehidupan lainnya, mereka juga kompetitif dalam hal keyakinan. Keyakinan mereka seperti harta berharga yang sulit mereka tinggalkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement