Jumat 07 Jun 2024 12:48 WIB

Narsisme dan Depresi, Kombinasi Berbahaya yang Wajib Diwaspadai

Pemilik gangguan kepribadian narsistik lebih mudah 'diobati' jika mengalami depresi.

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik. (ilustrasi). Orang dengan gangguan kepribadian narsistik dapat mengalami komplikasi berupa gangguan kejiwaan seperti depresi.
Foto: www.freepik.com.
Orang dengan gangguan kepribadian narsistik. (ilustrasi). Orang dengan gangguan kepribadian narsistik dapat mengalami komplikasi berupa gangguan kejiwaan seperti depresi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang dengan gangguan kepribadian narsistik dapat mengalami komplikasi berupa gangguan kejiwaan seperti depresi. Dokter spesialis kesehatan jiwa Rumah Sakit Soeharto Heerdjan dr. Suharpudianto mengatakan hal itu terjadi karena orang itu tidak selalu berada dalam lingkungan yang menyanjungnya dan membuatnya merasa paling penting.

"Juga karena relasinya yang buruk dengan orang lain, bisa akhirnya pasien merasakan suatu kondisi seperti kehilangan. Karena dia tidak memiliki pola relasi yang cukup stabil," ujar dr Suharpudianto dalam siaran Kementerian Kesehatan berjudul "Bukan Sekadar Narsis! Kenali Gangguan Kepribadian Narsistik (Narcissistic Personality Disorder)" di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga

Dia mengatakan selain depresi, orang dengan gangguan narsisistik juga dapat menyalahgunakan narkoba, sebagai respons maladaptif terhadap kondisinya yang sulit diterima oleh lingkungan sekitar. Dr Suharpudianto menyebutkan hal yang menarik adalah dengan gangguan kepribadian narsisistik tidak datang ke dokter untuk konsultasi mengenai gangguan itu, dan justru baru akan datang ketika mengalami gangguan lainnya, contohnya depresi.

"Karena biasanya gangguan kepribadian narsistik ini bersifat dalam terminologi medis kami adalah egosintonik. Yang artinya seseorang merasa nyaman saja dengan gangguan kepribadiannya ini, dia tidak merasakan gangguan kepribadiannya ini sebagai gangguan kepribadian. Meskipun sudah menimbulkan penderitaan bagi lingkungan sekitar," katanya.

 

Dia menilai ketika penderita tersebut depresi, orang itu akan lebih mudah didekati untuk dibantu, karena mereka sudah kehilangan semangat. Namun, ujarnya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menolong mereka.

Menurut dokter itu, lebih baik apabila pada awalnya didekati orang yang cukup dekat oleh orang dengan gangguan narsisistik tersebut. Kemudian, sebagai orang dengan kepribadian yang lebih stabil, perlu menerima keadaan dan memberikan solusi yang positif.

"Tidak apa-apa mengutarakan pendapat. Tetapi mungkin pendapatnya tidak bersifat judgemental. Tidak bersifat menghakimi. Lebih kepada kita bisa memvalidasi, memberikan pendapat bahwa kita mengerti kondisinya seperti itu," katanya.

Dengan demikian, dapat dilakukan pendekatan yang lebih baik untuk membantu penderita tersebut memahami penderitaan mereka yang disebabkan gangguan itu, sehingga mereka mau bertemu dengan profesional. Dr Suharpudianto mengatakan ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menangani gangguan jiwa yang disebabkan gangguan kepribadian itu, antara lain farmakoterapi dan psikoterapi.

Menurutnya, selain dengan disiplin mengikuti anjuran dokter mengenai pengobatan dan kontrol rutin yang teratur, lingkungan yang suportif juga penting dalam proses pemulihan penderita gangguan narsisistik dengan depresi itu. "Setidaknya kalau mungkin Anda kesulitan memberikan kalimat-kalimat yang sifatnya memvalidasi atau men-support, cukup menunjukkan bahasa tubuh yang tidak akan direspons dengan salah pengertian oleh seseorang ini yang sedang dalam terapi," katanya.  

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement