Senin 01 Jan 2024 21:15 WIB

Film Horor Terbaik Tentang Kerasukan Setan, Mana yang Paling Seram?

Berikut ini merupakan 5 film horor paling menakutkan tentang kerasukan setan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Exorcist. Film The Exorcist dianggap sebagao film horor tentang kerasukan setan yang paling menyeramkan.
Foto: Dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Exorcist. Film The Exorcist dianggap sebagao film horor tentang kerasukan setan yang paling menyeramkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu alasan terbesar mengapa film horor menjadi begitu populer adalah rasa takut akan hal yang tidak wajar. Cerita setan dan hantu telah memicu imajinasi dan ketakutan siapa pun yang berani ikut terlibat.

Hal itu terbawa ke dalam dunia film karena salah satu subgenre horor paling produktif adalah cerita yang melibatkan kerasukan. Entah itu kisah yang melibatkan ingatan atau berdasarkan kisah nyata, ada alasan mengapa genre ini begitu populer.

Baca Juga

Dilansir laman Movie Web, berikut ini merupakan lima film horor paling menakutkan tentang kerasukan setan:

1. The Exorcist (1973)

photo
Film The Exorcist. - (Warner Bros)

 

The Exorcist mendapat predikat film paling menakutkan sepanjang masa selama beberapa dekade. Belum ada tanda-tanda film lain akan mengalahkan peringkat film ini. Meskipun pendapat ini masih bisa diperdebatkan apalagi mengacu pada standar film saat ini, tidak ada keraguan bahwa film ini dianggap sebagai mahakarya horor yang meresahkan. Hingga saat ini, The Exorcist tetap menjadi film menakutkan yang telah teruji oleh waktu, menjadi salah satu film horor terpenting sepanjang masa.

2. Incantation (2022)

photo
Salah satu adegan di film Incantation. - (Dok. Netflix)

 

Film ini ditampilkan dalam campuran rekaman nyata yang direkam dalam rentang waktu yang luas, bersamaan dengan kejadian-kejadian yang mengikuti garis waktu film tersebut ke masa kini. Incantation menggelegar, menakutkan, dan cukup meresahkan untuk membuat penonton tetap waspada sepanjang durasinya hingga mencapai akhir yang mengejutkan.  

Baca juga: Film Horor yang Dianggap Terburuk dan 'Gagal' pada Tahun Ini, Siapa di Posisi Satu?

 

3. The Evil Dead (1981)

photo
Salah satu adegan di film The Evil Dead. - (Dok. New Line Cinema)

 

Film ini beranggaran rendah dan mungkin terlihat murahan, namun inovator film gore ini masih merupakan bagian dari sejarah horor yang menakutkan. 

4. The Medium (2021)

Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu film rekaman internasional terbaik sepanjang masa. The Medium adalah produksi internasional berkonsep tinggi antara Thailand dan Korea Selatan, yang terasa kontemplatif dan dramatis di sebagian besar durasi penayangannya. Faktanya, horor tidak datang dengan cepat. Tapi pada saat yang sama, ini adalah film horor berdurasi 130 menit.

Pencinta genre horor pasti tahu betapa menyenangkannya film horor slow-burn. Babak ketiga adalah kesimpulan yang fantastis dan gila dari film yang dianggap serius ini. Tapi hal tersebut bukan hal yang buruk, sebaliknya, film sekaliber ini pantas mendapat akhir yang tuntas. Bisa disaksikan di Shudder.

5. Hereditary (2018)

photo
Salah satu adegan film Hereditary. - (A24)

 

Mahakarya horor modern sutradara Ari Aster adalah pengalaman bergenre yang membuat penonton di seluruh dunia percaya pada elevated horror. Istilah itu bagus untuk menjelaskan efek film garapan rumah produksi A24 ini. Hereditary membuat penonton takut dengan eksplorasi kesedihan yang autentik, lalu berubah menjadi lebih buruk ketika sang karakter, Annie, berhasil mendekonstruksi keluarganya dan dari mana dia berasal. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement