Rabu 03 Jan 2024 09:11 WIB

Film Perang yang Ceritanya Bagus Tapi Jarang Diketahui, Ada yang Angkat Pembantaian Muslim

Ada beberapa film bertema perang yang memiliki cerita kuat tapi jarang diketahui.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Quo Vadis, Aida?. Ini menjadi salah satu film tentang perang yang jarang diketahui penonton padahal memiliki cerita luar biasa. Film ini berkisah tentang pembantaian etnis Muslim di Bosnia.
Foto: Dok. Deblokada Film
Salah satu adegan di film Quo Vadis, Aida?. Ini menjadi salah satu film tentang perang yang jarang diketahui penonton padahal memiliki cerita luar biasa. Film ini berkisah tentang pembantaian etnis Muslim di Bosnia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang sejarah perfilman, ada begitu banyak film bertema perang yang berfokus pada konflik, seperti Perang Dunia II dan Perang Vietnam. Namun, ada juga banyak contoh film perang yang berfokus pada konflik yang kurang dikenal. 

Berikut ini adalah sejumlah film perang luar biasa tentang perang yang kurang diketahui penonton, dilansir Screen Rant, beberapa waktu lalu:

Baca Juga

1. Quo Vadis, Aida? (2020)

photo
Salah satu adegan di film Quo Vadis, Aida?. - (Dok. Deblokada Film)

 

Quo Vadis, Aida? mengangkat kisah pembantaian Srebrenica melalui sudut pandang penerjemah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Aida Selmanagić. Kala itu, dia berupaya membantu orang yang dicintainya dan mempertahankan tugas profesionalnya di tengah ribuan orang yang meminta perlindungan di Batalyon Dutchbat selama perang Bosnia.

Pembantaian Srebrenica (disebut juga Genosida Srebrenica) adalah kejadian pembantaian terhadap sekitar lebih dari 8.000 lelaki dan remaja etnis Muslim Bosnia pada Juli 1995 di daerah Srebrenica, Bosnia, oleh pasukan Republik Srpska pimpinan Jenderal Ratko Mladić. Film ini adalah gambaran tragis mengenai jumlah korban jiwa akibat kekerasan dan gambaran menyedihkan mengenai keputusan-keputusan yang terpaksa diambil oleh mereka yang terkena dampak perang. 

Jenderal Mladic menjadi buronan internasional yang telah didapati bersalah karena genosida dan berbagai kejahatan perang lain di Yugoslavia. Pada 27 Februari 2007, Mahkamah Internasional menetapkan kejadian ini sebagai sebuah genosida. 

Film Quo Vadis, Aida? dinominasikan untuk Best International Feature Film di Academy Awards. Film tersebut membantu menyoroti konflik yang jarang ditampilkan di media arus utama saat ini. 

2. First They Killed My Father (2017)

photo
Salah satu adegan di film First They Killed My Father. - (Dok. Netflix)

 

Aktris Angelina Jolie menyutradarai film First Killed My Father, sebuah penggambaran mengerikan tentang seorang gadis berusia lima tahun yang dilatih sebagai tentara anak-anak pada masa rezim Khmer Merah di Kamboja. 

First They Killed My Father didasarkan pada memoar dengan judul yang sama karya Loung Ung dan merupakan gambaran mengejutkan tentang korban jiwa akibat konflik. Dengan tingkat integritas jurnalistik yang kuat, First They Killed My Father menampilkan konsekuensi Perang Saudara Kamboja terhadap warga termuda di negara tersebut dan menyoroti pembunuhan massal, propaganda intensif, dan korupsi politik yang dilakukan oleh Khmer Merah di bawah kepemimpinan diktator Pol Pot.

Nomor 3...lanjutkan membaca>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement