Selasa 26 Dec 2023 19:19 WIB

The Exorcist Film Terkutuk? Ini Mitos di Film Horor yang Telah Terbantahkan

Muncul mitos-mitos yang berhubungan dengan hal gaib pada setiap syuting film horor.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan dalam film The Exorcist
Salah satu adegan dalam film The Exorcist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak sekali legenda dan mitos urban dalam industri film khususnya genre horor, namun banyak mitos film horor yang telah terbantah tetapi masih cukup populer. Bukan hal yang aneh jika sebuah film dikelilingi oleh rumor mengenai perkembangan dan pembuatan filmnya, dan beberapa di antaranya menjadi begitu luas hingga akhirnya hanya menjadi mitos.

Banyak film memanfaatkan hal ini untuk keuntungan mereka, karena melalui hal ini, mereka dapat menarik lebih banyak perhatian terhadap proyek tersebut. Namun ada kasus lain di mana mitos-mitos ini lebih berbahaya dan tidak bermanfaat sama sekali.

Baca Juga

Mitos dalam film horor berbeda-beda tergantung pada film itu sendiri, karena mitos tersebut dapat memicu cerita tertentu berkat tema yang diangkat di dalamnya. Berbagai film yang berhubungan dengan hal-hal gaib diyakini mengandung kutukan, dan meskipun banyak hal aneh terjadi di lokasi syuting, kejadian-kejadian ini telah dapat dijelaskan secara rasional.

Mitos-mitos lainnya terkait dengan masalah di balik layar dan kesalahpahaman, tragedi yang terjadi di lokasi syuting, atau kesalahpahaman tentang karakter tertentu, semua mitos tersebut telah dibantah dengan cara yang berbeda-beda.

Ini dia lima film dengan sejumlah mitos yang sudah dipecahkan secara rasional, dilansir Screen Rant, Selasa (26/12/2023).

1. Poltergeist

Poltergeist disutradarai oleh legenda horor Tobe Hooper dan diproduksi oleh Steven Spielberg, tetapi banyak yang meyakini bahwa Spielberg adalah sutradara sebenarnya dari film ini. Spielberg tidak dapat mengarahkan Poltergeist karena klausul dalam kontrak Universal Studios yang mencegahnya mengarahkan proyek lain. 

Meskipun Spielberg memang membantu Hooper dengan Poltergeist, baik sutradara maupun anggota pemerannya telah menyatakan bahwa Tobe Hooper adalah sutradara sebenarnya dari Poltergeist, meskipun Spielberg adalah kunci dalam proses kreatif film tersebut.

2. The Exorcist

The Exorcist adalah film lain yang diyakini dikutuk karena mengangkat tema keagamaan, serta menggambarkan kerasukan setan dan pengusiran setan. Syuting The Exorcist mengalami berbagai masalah dan banyak kematian di antara para pemain dan kru, yang bersamaan dengan kebakaran yang menghancurkan interior rumah MacNeil dan cedera yang dialami Ellen Burstyn dan Linda Blair, sehingga memunculkan sebuah mitos The Exorcist

Set pengusir setan dikutuk. Kenyataannya, kebakaran tersebut disebabkan oleh seekor burung dan cederanya Burstyn serta Blair disebabkan oleh produksi dan penyutradaraan yang tidak bertanggung jawab. Adapun kematiannya, itu hanyalah kebetulan yang tragis.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement