Kamis 27 Jul 2023 22:14 WIB

Cucu 'Bapak Bom Atom' Kritik Film Oppenheimer Arahan Christopher Nolan

Film Oppenheimer dianggap tidak terlalu akurat menggambarkan sang ilmuwan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Cucu Robert Oppenheimer mengkritik beberapa ketidakakuratan film karya Christopher Nolan, Oppenheimer.
Foto:

Selain adegan apel, hal lain yang cukup mengganggu bagi keluarga sang ilmuwan adalah penggambaran karakter Oppenheimer yang kasar. Charles menceritakan, ketika dirinya berkunjung ke lokasi syuting, dia melihat suatu adegan di mana salah satu bagian dialog Oppenheimer menyebut seseorang "bajingan".

"Dan ketika saya menceritakannya lagi ke ayah saya, dia merasa ngeri. Dia bilang 'Robert Oppenheimer tidak pernah mengumpat. Dia adalah orang yang sangat formal. Dia tidak akan pernah melakukan hal itu'," kata Charles.

 

"Saya jawab 'Yah, itu adalah sebuah dramatisasi. Tapi saya khawatir bahwa dalam film itu dia akan menjadi orang yang suka mengumpat dan kasar'," tutur dia.  

 

Di sisi lain, film Oppenheimer juga mendapat kecaman dari umat Hindu India karena dianggap menistakan kitab suci mereka. Adegan yang memicu amarah umat Hindu itu terkait dengan adegan ketika Oppenheimer membaca kalimat dari kitab suci Bhagavad Geeta saat berhubungan seksual dengan kekasihnya, Jean Tatclock (diperankan Florence Pugh).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement