Rabu 26 Jul 2023 21:25 WIB

Robert Downey Jr Bilang Cillian Murphy 'Berkorban' Besar untuk Film Oppenheimer

Robert Downey memuji dedikasi Cillian Murphy saat berperan sebagai Oppenheimer.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Cillian Murphy saat berperan sebagai Oppenheimer. Robert Downey Jr mengatakan Murphy membuat pengorbanan besar ketika bermain di film ini.
Foto: Dok Universal Pictures
Cillian Murphy saat berperan sebagai Oppenheimer. Robert Downey Jr mengatakan Murphy membuat pengorbanan besar ketika bermain di film ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Robert Downey Jr (RDJ) mengatakan, dedikasi Cillian Murphy dalam Oppenheimer karya Christopher Nolan adalah sesuatu yang besar. Murphy berperan sebagai fisikawan Amerika, J Robert Oppenheimer, yang memelopori pengembangan bom atom selama Perang Dunia II.

“Saya belum pernah menyaksikan pengorbanan yang sebesar aktor utama sepanjang karier saya,” kata Downey Jr kepada People.

Baca Juga

Perjalanan Murphy membawakan karakter Oppenheimer bukanlah hal yang biasa. Dia menerima peran itu dengan kerendahan hati dan tekad yang mengesankan baik lawan mainnya maupun industrinya.

“Dia tahu itu akan menjadi pertanyaan besar ketika Chris memanggilnya,” kata Downey yang mengakui usaha monumental yang dilakukan Murphy.

 

Tetapi aktor Irlandia itu menerima tantangan dengan komitmen, membenamkan dirinya dalam peran tersebut dengan persiapan yang tak tertandingi. Rekan mainnya Florence Pugh yang berperan sebagai Jean Tatlock, salah satu cinta penting Oppenheimer, membuktikan kecemerlangan Murphy. Dia memuji dedikasi Murphy, menyoroti bagaimana dia menghadirkan setiap nuansa dan perubahan pada karakter dengan tepat.

Pemahaman mendalam Murphy tentang kepribadian Oppenheimer memungkinkan dia untuk menghidupkan fisikawan itu di layar. Untuk mencapai tingkat original ini, Murphy mendorong dirinya hingga batas maksimal, bahkan melakukan diet ketat agar menyerupai Oppenheimer secara fisik.

Penurunan berat badan menjadi jelas, dengan Emily Blunt, yang berperan sebagai istri Oppenheimer, Kitty, mengakui pengorbanan yang dia lakukan untuk peran tersebut. “Dia hanya makan, seperti almond, setiap hari. Dia sangat kurus,” ujar Blunt, menunjukkan sejauh mana Murphy mewujudkan karakter tersebut.

Oppenheimer telah bertemu dengan suksesnya, memecahkan rekor pasca-pandemi untuk AMC Entertainment. Bersama dengan Barbie, duel blockbuster musim panas ini membawa lebih dari 7,8 juta penonton, menandai salah satu akhir pekan dengan penonton terbanyak sejak industri bioskop dibuka kembali. 

CEO AMC Adam Aron memuji film dan tim produksi Oppenheimer  karena film ini sukses memikat penonton dan mencapai kesuksesan. Di bawah arahan Christopher Nolan dan Greta Gerwig, Oppenheimer dan Barbie melampaui proyeksi pendapatan awal selama akhir pekan pembukaan mereka. Angka-angka box office berbicara banyak tentang dampak film-film ini terhadap penonton.

Barbie mencapai hari pembukaan terbesar untuk Amerika Utara pada 2023, mengumpulkan lebih dari 70 juta dollar AS (Rp 1,1 triliun) dalam penjualan tiket. Di sisi lain, Oppenheimer memperoleh sekitar 77 juta dollar AS (Rp 1,15 triliun) di dalam negeri selama penayangan akhir pekan pertamanya, melampaui perkiraan awal sebesar 50 juta dollar AS. Film ini juga menjadi debut akhir pekan terlaris IMAX untuk film fitur Nolan.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement