Senin 20 May 2024 12:53 WIB

Film Dokumenter Burning Sun Hebohkan Dunia K-Pop, Apa Isinya?

Jurnalis BBC 2 kali mengalami keguguran saat meliput skandal Burning Sun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Tangkapan layar film dokumenter Burning Sun produksi BBC.
Foto: Dok. BBC
Tangkapan layar film dokumenter Burning Sun produksi BBC.

REPUBLIKA.CO.ID. SEOUL -- BBC Eye, sebuah tim investigasi pemenang penghargaan dari BBC World Service, merilis film dokumenter Burning Sun. Film ini mengisahkan tentang dua jurnalis perempuan Korea karena berani mengungkap skandal seks besar yang melibatkan bintang K-pop terkemuka.

Film yang mendapat pujian kritis ini menggambarkan harga yang harus dibayar oleh para jurnalis dalam mengungkap kebenaran. Dilansir BBC pada Senin (20/5/2024), proyek ini merupakan kelanjutan dari serial radio “Intrigue: Burning Sun” yang sebelumnya disiarkan oleh BBC Eye. Serial tersebut berbicara dengan para pemain kunci yang berjuang untuk mengungkap kejahatan ini dan mendokumentasikan dampaknya.

Baca Juga

Kini, film dokumenter TV Burning Sun – Exposing The Secret K-pop Chat Groups menghadirkan narasi langsung dari reporter yang berbasis di Seoul, Park Hyo-sil dan Kang Kyung-yoon, yang mengalami kerugian pribadi besar saat mengungkap pelecehan seksual mengerikan oleh para bintang K-pop yang tampak sehat di mata publik.

Pada September 2016, Park Hyo-sil meliput tuduhan terhadap bintang K-pop Jung Joon-young mengenai video seks yang direkam secara diam-diam terhadap pacarnya. Tuduhan ini datang dari pacarnya Jung Joon-young sendiri, yang kemudian menarik kembali tuduhannya. Hal itu membuat masyarakat malah berbalik menentang jurnalis Park, dengan menganggap Jung sebagai korban dan menyalahkan media.

"Saya menanggung beban terberatnya," kata Park.

Dia mulai menerima komentar kasar daring, email, dan panggilan telepon mengganggu, termasuk gambar-gambar cabul. Tekanan ini menyebabkan dua kali keguguran dan kesulitan memiliki anak.

Pada 2019, tuduhan baru muncul terhadap Jung. Seorang informan anonim membocorkan data dari ponsel Jung yang ditinggalkan di perusahaan forensik pada 2016. Data tersebut sampai ke tangan Kang Kyung-yoon dari SBS, yang melanjutkan investigasi jurnalis Park Hyo-sil.

Pesan obrolan Jung di KakaoTalk dari 2015 dan 2016 mengungkap video dan gambar seksual eksplisit wanita yang tidak sadarkan diri, melibatkan Jung dan beberapa bintang K-pop pria lainnya, termasuk Choi Jong-hoon dari FT Island. Chat tersebut mengungkapkan pemerkosaan yang dilakukan secara beramai-ramai dan indikasi bahwa kelompok ini merasa dilindungi oleh pihak kepolisian.

Film dokumenter BBC Eye mendokumentasikan bagaimana para selebritas yang sebelumnya tampak tak tersentuh ini mulai jatuh, berkat usaha keras Kang yang berani menulis dan mengungkap perilaku mereka. Penangkapan tersebut mendorong korban lainnya untuk maju dan mengajukan tuntutan. Keberanian para korban ini berujung pada kasus pengadilan besar melawan mantan superstar yang sebelumnya digambarkan sebagai sosok sehat dan berprestasi.

Kendati keadilan ditegakkan, Kang, seperti Park, menjadi sasaran trolling yang intens. “Trolling dimulai segera setelah saya menerbitkan cerita ini dan berlanjut hingga kasus-kasus pengadilan," ujar Kang.

Meski demikian, dia tetap berharap bahwa pengungkapan ini akan menjadi peringatan tentang bagaimana seks dan kekuasaan di industri K-pop dapat korup. "Kami melempar satu kerikil ke dalam kolam besar. Kolam itu sudah tenang kembali tapi saya berharap kerikil tersebut masih ada dalam ingatan orang-orang sehingga jika hal seperti itu terjadi lagi, kami dapat menghentikannya lebih awal," kata Kang.

Burning Sun dari BBC World Service tersedia untuk ditonton di Inggris melalui BBC iPlayer dan secara internasional di saluran YouTube BBC World Service. Film dokumenter ini juga tersedia dalam bahasa Korea melalui saluran YouTube BBC News Korean. Pada Juni 2024, film ini akan disiarkan sebagai serial di saluran TV BBC News.

Podcast enam bagian “Intrigue: Burning Sun” yang merupakan adaptasi audio dari cerita ini disiarkan di BBC Radio 4 musim panas lalu, dan tersedia di Inggris di BBC Sounds, serta platform podcast internasional. Investigasi BBC Eye, Burning Sun diproduksi dan disutradarai oleh Kai Lawrence, dengan produser eksekutif Monica Garnsey, Mustafa Khalili, dan Kavita Puri, serta penyunting Marc Perkins.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement