Rabu 24 Jan 2024 09:07 WIB

Public Figure Korea yang Terlibat Skandal Burning Sun Mulai Aktif Kembali

Skandal Burning Sun sempat menghebohkan publik karena melibatkan artis Korea.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seungri tiba kantor kepolisian Seoul untuk menjalani pemeriksaan kasus Burning Sun. Idol K-pop yang terlibat Burning Sun terlihat mulai aktif kembali. (ilustrasi)
Foto: AP
Seungri tiba kantor kepolisian Seoul untuk menjalani pemeriksaan kasus Burning Sun. Idol K-pop yang terlibat Burning Sun terlihat mulai aktif kembali. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua idola K-pop yang tersandung skandal kontroversial Burning Sun terpantau telah kembali beraktivitas. Burning Sun merupakan klub milik Seungri, mantan personel grup K-pop BigBang, yang terletak di Gangnam.

Skandal terungkap setelah seorang pria bernama Kim Sang-kyo diserang gara-gara membantu seorang perempuan yang mengalami pelecehan seksual. Setelah serangan di klub terjadi pada 24 November 2018, serangkaian investigasi dilakukan terhadap Burning Sun dan Seungri. Terungkap jaringan kejahatan yang saling berhubungan, termasuk adanya chat room atau grup obrolan yang membagikan video seks ilegal.

Baca Juga

Para anggota chat room itu termasuk para selebritas seperti Seungri, Jung Joon-young, Yong Jun-hyung, dan Choi Jonghoon. Dari deretan nama tersebut, tiga orang dijatuhi hukuman penjara. Seungri dihukum tiga tahun penjara atas sembilan dakwaan.

Dakwaannya termasuk prostitusi, mediasi prostitusi, penggelapan, pelanggaran undang-undang keamanan pangan, kebiasaan berjudi, dan pelanggaran undang-undang valuta asing. Jung Joon-young dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena pelecehan seksual berkelompok.

 

Jung Joon-young juga terungkap mengambil gambar secara ilegal serta membagikan video seks itu di chat room. Mantan anggota FTISLAND, Choi Jonghoon, dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena ikut serta dalam tindakan pemerkosaan beramai-ramai.

Yong Jun-hyung tidak dijatuhi hukuman, tapi keluar dari grupnya, Highlight. Idola lain yang terlibat yakni Lee Jonghyun, mantan personel band rock CNBLUE. Dia dan Jung Joon-young memiliki chat room terpisah, yang juga membagikan video seks ilegal dan berisi komentar merendahkan tentang perempuan. Lee tak dihukum, tapi keluar dari grupnya.

Ada juga penyanyi Eddy Kim yang didakwa karena menyebarkan materi cabul sehubungan dengan obrolan grup Jung Joon-young sebelum jaksa menangguhkan dakwaannya. Terungkap bahwa dia membagikan satu foto dari internet dalam obrolan grup yang berbeda.

Dikutip dari laman Koreaboo, Rabu (24/1/2024), kini hampir semua idola yang terlibat skandal itu telah kembali beraktivitas di dunia entertainment. Pada 23 Januari 2024, Eddy Kim merilis lagu kolaborasi "It’ll Be Alright" bersama penyanyi Yoon Jong Shin.

Sementara, Yong Jun-hyung yang tidak didakwa terpantau mulai melanjutkan aktivitasnya di dunia entertainment pada November 2022. Baru-baru ini, Yong Jun-hyung kembali menjadi sorotan setelah dia dan HyunA mengungkapkan bahwa mereka menjalin hubungan.

Hukuman penjara lima tahun yang dijatuhkan kepada Choi Jonghoon dikurangi menjadi dua tahun, dan dia dibebaskan pada November 2021. Choi Jonghoon dilaporkan bergabung dengan platform Jepang Fanicon dan menyatakan keinginannya agar para penggemar mendukung aktivitasnya di masa depan.

Seungri dibebaskan dari penjara setelah menjalani 18 bulan di balik jeruji, berkurang jauh dari vonis awal tiga tahun hukuman. Baru-baru ini, Seungri mengadakan fan meet di sebuah acara ulang tahun di Kamboja dan berjanji akan kembali dan mengajak G-Dragon ke negara tersebut.

Diketahui bahwa Jung Joon-young masih mendekam di penjara. Artinya, satu-satunya idola yang telah bebas dari hukuman dan belum terdengar kabarnya adalah Lee Jonghyun. Ironisnya, banyak penggemar masih menantikan kehadirannya kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement