Rabu 01 Mar 2023 08:28 WIB

Kesepian, Risiko Demensia Meningkat

Kesepian atau terisolasi secara sosial bisa meningkatkan risiko demensia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Lansia (ilustrasi). Kesepian atau terisolasi secara sosial bisa meningkatkan risiko demensia.
Foto:

Menurut Mfon Umoh, seorang rekan postdoctoral di bidang kedokteran geriatri di Johns Hopkins University School of Medicine, teknologi komunikasi dasar adalah alat yang hebat untuk memerangi isolasi sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa akses dan penggunaan teknologi sederhana merupakan faktor penting yang melindungi lansia dari isolasi sosial, yang dikaitkan dengan risiko kesehatan yang signifikan.

photo
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. - (Republika)

Hal ini menggembirakan karena ini berarti intervensi sederhana dapat memberikan hasil yang berarti. Dalam dekade terakhir, isolasi sosial telah menjadi sorotan, terutama karena pembatasan yang diterapkan oleh pandemi Covid-19.

Penelitian lebih lanjut di bidang ini harus berfokus pada peningkatan risiko berdasarkan jenis kelamin biologis, keterbatasan fisik, ras, dan tingkat pendapatan. Selain kesepian, para peneliti juga menemukan bahwa orang dengan kebiasaan seperti merokok, minum alkohol berlebih, kurang tidur, dan kurang berolahraga memiliki faktor risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit Alzheimer dan demensia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement