Selasa 21 May 2024 19:06 WIB

Aktris Cate Blanchett Pakai Gaun Mirip Warna Bendera Palestina di Cannes Film Festival

Gaun Cate Blanchett ditafsirkan sebagai pesan solidaritas untuk Palestina.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris Cate Blanchett di karpet merah Cannes Film Festival pada Senin (20/5/2024). Gaun Blanchett ditafsirkan sebagai solidaritas untuk Palestina.
Foto: DOK. EPA-EFE/ANDRE PAIN
Aktris Cate Blanchett di karpet merah Cannes Film Festival pada Senin (20/5/2024). Gaun Blanchett ditafsirkan sebagai solidaritas untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris pemenang Oscar Cate Blanchett menjadi perbincangan setelah penampilannya di sesi karpet merah Cannes Film Festival pada Senin (20/5/2024). Pilihan busana dan pose yang dia tunjukkan pada sesi foto mengisyaratkan dukungan terhadap Palestina.

Dikutip dari laman The National News, Selasa (21/5/2024), Blanchett datang pada Senin untuk menghadiri pemutaran perdana film The Apprentice. Dia hadir mengenakan gaun satin rumah mode Jean Paul Gaultier karya desainer Kolombia-Prancis, Haider Ackermann.

Baca Juga

Blok warna gaun tersebut menarik perhatian para tamu dan fotografer, begitu juga para cinephile yang memantau jalannya Cannes. Gaun karya Ackermann itu berwarna hitam di bagian depan serta merah muda di bagian belakang. Namun, ada lapisan warna hijau di dalam gaun bagian belakang.

Saat berpose untuk fotografer, Blanchett seolah sengaja mengangkat bagian belakang gaunnya hingga memperlihatkan lapisan hijaunya. Apabila dipadukan dengan warna karpet merah Festival Film Cannes, banyak orang menafsirkan pakaian Blanchett sebagai pesan solidaritas terhadap Palestina.

Pasalnya, semua kombinasi warna itu, termasuk merah muda yang dalam berbagai foto lebih terlihat mengarah ke warna putih, seperti melambangkan bendera Palestina. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa hitam, merah, hijau, serta putih merupakan warna bendera Palestina.

Namun, di ajang tersebut, Blanchett tidak memberikan pernyataan apa pun secara lisan. Dia hanya berpose dalam busana tersebut, juga melengkapi penampilannya dengan rantai mutiara di bahunya, perhiasan yang dibuat khusus untuk dia oleh direktur kreatif Louis Vuitton, Francesca Amfitheatrof.

Meski warganet masih memiliki opini yang terbelah terkait itu, sebelumnya Blanchett sudah memberikan pernyataan secara gamblang terkait konflik di Gaza. Pada bulan Oktober 2023, ia bergabung dengan Artists4Ceasefire.

Kelompok yang terdiri lebih dari 60 aktor dan artis di Hollywood itu menandatangani surat yang ditujukan kepada Presiden AS Joe Biden. Dalam suratnya, mereka mendesak Biden untuk menyerukan gencatan senjata di Israel dan Gaza.

"Kami bersatu sebagai seniman dan advokat, namun yang paling penting adalah sebagai manusia yang menyaksikan hilangnya nyawa dan kengerian yang terjadi di Israel dan Palestina. Kami meminta, sebagai Presiden Amerika Serikat, Anda menyerukan deeskalasi segera dan gencatan senjata di Gaza dan Israel sebelum ada korban jiwa lagi," demikian bunyi surat tersebut.

Selain dikenal sebagai salah satu aktris papan atas Hollywood, Blanchett juga terkenal sebagai aktivis yang memperjuangkan hak-hak perempuan. Perempuan 55 tahun asal Australia itu juga menjadi Duta Besar UNHCR sejak 2016.

Bulan berikutnya setelah tergabung di Artists4Ceasefire, Blanchett berbicara di Sidang Paripurna Parlemen Eropa dan menyerukan gencatan senjata kemanusiaan sesegera mungkin. "Setelah menyaksikan korban jiwa akibat perang, kekerasan, dan penganiayaan yang dialami para pengungsi dari seluruh dunia, saya tidak bisa berpaling," kata Blanchett kala itu.

Film baru Blanchett, Rumours, ditayangkan perdana pada Ahad (19/5/2024) di Festival Film Cannes, menerima tepuk tangan meriah selama empat menit. Komedi kelam yang juga dibintangi oleh Alicia Vikander itu menceritakan sekelompok pemimpin dunia yang bertemu di forum antar pemerintah G7, namun tersesat di hutan saat mencoba membuat pernyataan bersama.

Festival Film Cannes 2024 merupakan ajang yang ke-77 sejak awal penyelenggaraannya. Kegiatan yang dihelat di Cannes, Prancis, tersebut berlangsung sejak 14 Mei hingga 25 Mei 2024.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement