Senin 23 Jan 2023 17:30 WIB

Terbiasa Lewatkan Sarapan-Makan Malam Terlalu Larut Tingkatkan Risiko Fibrilasi Atrium

Fibrilasi atrium terjadi ketika jantung tiba-tiba memompa menjadi lebih cepat.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Makan malam ( (ilustrasi). Berdasarkan sebuah studi, makan terlalu malam dan melewatkan sarapan bisa mengganggu organ, termasuk jantung.
Foto:

Gejala fibrilasi atrium

Apa saja gejala fibrilasi atrium? Tanda-tanda umum fibrilasi atrium meningkatnya detak jantung, pusing, kelelahan, sesak napas, dan berdebar. Sensasi berdebar di jantung dapat berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit.

photo
Tujuh langkah jaga kesehatan jantung. - (Republika)

Karena gejala muncul secara sporadis atau bahkan tidak muncul sama sekali, fibrilasi atrium sulit didiagnosis selama kunjungan ke dokter umum. Akibatnya, sejumlah besar pasien tetap tidak menyadari kondisi mereka sampai seorang dokter menemukannya secara kebetulan.

Pimpinan klinis untuk pencegahan penyakit kardiovaskular di East Midlands Clinical Networks, dr Yassic Javaid, meyakini perlunya kesadaran tentang kondisi jantung dan gejalanya. Fibrilasi atrium adalah prekursor strok, yang dapat berdampak buruk pada individu dan keluarga mereka.

"Saya ingin meyakinkan orang bahwa kita dapat hidup normal dan aktif pasca diagnosis fibrilasi atrium. Jika fibrilasi atrium dibiarkan tidak terdiagnosis, risiko strok dan komplikasi lainnya bisa sangat tinggi, jadi jangan tunda diagnosis jika memiliki kecurigaan," papar dr Javaid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement