Sabtu 23 Mar 2024 05:58 WIB

Wanita dengan Komplikasi Kehamilan Berisiko Kena Penyakit Jantung

Peneliti menggunakan data UK Biobank dengan catatan kesehatan 500 ribu orang dewasa.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
wanita yang mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung pada kemudian hari. (Ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
wanita yang mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung pada kemudian hari. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian mengungkapkan wanita yang mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung pada kemudian hari. Penulis uyama studi dr Frank Qian mengatakan, tidak diketahui seberapa besar peningkatan risiko penyakit kardiovaskular ini berpotensi diubah oleh perilaku gaya hidup sehat.

Dikutip laman Medical Daily, Jumat (22/3/2024), para peneliti menggunakan data dari UK Biobank dengan catatan kesehatan sekitar 500 ribu orang dewasa, termasuk data dari 2.263 wanita yang sebelumnya didiagnosis mengalami hasil kehamilan yang merugikan dan 107.260 wanita yang tidak memiliki riwayat komplikasi selama kehamilan. Studi tersebut memperhitungkan komplikasi kehamilan, termasuk solusio plasenta, diabetes gestasional, ukuran kecil untuk usia kehamilan, kelahiran prematur, dan gangguan hipertensi dalam kehamilan seperti preeklamsia atau hipertensi gestasional.

Baca Juga

Studi ini menyelidiki hubungan antara skor Life's Essential 8 dan risiko penyakit jantung pada peserta, termasuk mereka yang mengalami komplikasi dan mereka yang tidak mengalami komplikasi.

Life's Essential 8 adalah faktor penting yang membantu meningkatkan kesehatan jantung yang meliputi, makan dengan baik, tetap aktif, berhenti merokok, tidur yang sehat, dan menjaga berat badan, kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Berdasarkan kepatuhan terhadap faktor-faktor ini, skor kesehatan kardiovaskular dihitung dari 0 hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik. Wanita yang memiliki ukuran kesehatan kardiovaskular yang lebih baik pasca kehamilan, atau mereka yang memiliki skor Life's Essential 8 lebih tinggi dari 76, menunjukkan risiko 57 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan wanita dengan skor di bawah 67.

"Wanita yang mengalami komplikasi selama kehamilan dan skor kesehatan kardiovaskular yang buruk setelah kehamilan memiliki peningkatan risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 148 persen. Di antara wanita dengan riwayat komplikasi kehamilan, mereka yang mencapai atau mempertahankan kesehatan jantung yang baik setelah kehamilan memiliki risiko yang sama," demikian rilis berita tersebut.

Wanita yang memiliki riwayat komplikasi kehamilan dan mampu mencapai dan mempertahankan tingkat kesehatan kardiovaskular yang tinggi setelah kehamilan secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di masa depan. Mereka pada dasarnya memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang setara dengan wanita tanpa komplikasi kehamilan meskipun tidak ada riwayat hasil kehamilan yang merugikan dan juga memiliki kesehatan kardiovaskular yang tinggi.

Temuan ini penting untuk praktik klinis serta merancang intervensi dan kebijakan kesehatan masyarakat. "Kita perlu mengidentifikasi perempuan berisiko tinggi dan fokus untuk memastikan mereka memiliki akses terhadap gaya hidup atau pengobatan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular jangka panjang,” ungkap para peneliti.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement