Sabtu 04 Nov 2023 16:52 WIB

Begini yang Terjadi pada Jantung Ketika Mengidap Diabetes

Jantung adalah salah satu organ yang paling vital untuk keberlangsungan kehidupan.

Rep: Desy Susilawati / Red: Gita Amanda
Jantung (ilustrasi)
Foto: www.maxpixel.com
Jantung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatkan kadar gula di dalam darah secara drastis. Naiknya kadar gula bisa disebabkan karena dua hal, yaitu ketika tubuh telah berhenti memproduksi hormon insulin yang bisa mengubah gula menjadi energi (diabetes tipe 1), atau ketika tubuh sudah tidak merespon insulin dengan baik, atau biasa disebut dengan resistensi insulin (diabetes tipe 2).

Namun pernahkah Anda berpikir apa yang terjadi pada jantung ketika mengalami diabetes? Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital BSD, dr Bayushi Eka Putra, SpJP, FIHA menjelaskan penyakit diabetes adalah penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi di berbagai macam organ, mulai dari otak hingga ke ujung kaki. Dengan demikian, jantung menjadi salah satu organ yang paling berisiko untuk mengalami komplikasi dalam diabetes. Lalu, apa efeknya? 

Baca Juga

Peran jantung 

Jantung adalah salah satu organ yang paling vital untuk keberlangsungan kehidupan manusia, Tugas utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Darah sendiri membawa berbagai kandungan kimia yang dibutuhkan oleh tubuh seperti oksigen dan nutrisi yang salah satunya adalah gula.  

 

Kadar gula dalam dalam darah memiliki fungsi sebagai sumber energi agar tubuh kita dapat beraktivitas dengan baik. Gula di dalam darah akan melalui proses utilisasi dengan hormon insulin sehingga bisa diubah menjadi energi. Namun, dengan adanya diabetes, tubuh dapat kehilangan kemampuan tersebut hingga menyebabkan kadar gula yang seharusnya dapat diubah menjadi energi akan mengendap pada darah hingga kadar gula terus meningkat melebihi batas wajar. 

"Jika itu terjadi, maka tubuh bisa mengalami risiko dan komplikasi yang serius jika tidak segera dikendalikan dan ditangani penyebabnya dengan pengobatan medis," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika, Jumat (3/11/2023).

Bagaimana diabetes berdampak pada jantung? Diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung 2 sampai 4 kali lipat dibandingkan dengan orang yang sehat. Hal ini terjadi karena kadar gula yang mengendap dalam darah dapat merusak lapisan pembuluh darah serta meningkatkan risiko terbentuknya plak darah yang bisa menyumbat aliran darah. 

Pembentukan plak pada pembuluh darah dapat memicu berbagai penyakit jantung koroner atau PJK, yaitu penyakit jantung yang disebabkan karena otot jantung kekurangan suplai darah akibat dari penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner karena kerusakan atau pembentukan plak pada lapisan dinding pembuluh darah.

Karena risikonya tersebut, penyakit jantung juga menjadi penyebab kematian paling sering pada pasien diabetes. Oleh sebab itu, komplikasi pada jantung menjadi hal yang paling berisiko dalam penyakit diabetes.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement