Rabu 01 Nov 2023 17:50 WIB

Pasien Kedua yang Terima Transplantasi Jantung Babi Meninggal Dunia

Tubuh pasien penerima transplantasi terus melakukan penolakan terhadap jantung babi.

Rep: Adysha Citra Ramadani / Red: Friska Yolandha
Transplantasi jantung (ilustrasi). Lawrence Faucette merupakan pasien kedua di dunia yang menjalani prosedur transplantasi jantung menggunakan jantung babi.
Foto: www.freepik.com
Transplantasi jantung (ilustrasi). Lawrence Faucette merupakan pasien kedua di dunia yang menjalani prosedur transplantasi jantung menggunakan jantung babi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lawrence Faucette merupakan pasien kedua di dunia yang menjalani prosedur transplantasi jantung menggunakan jantung babi. Meski sempat tampak sehat, Faucette tak bisa bertahan lama karena tubuhnya terus-menerus melakukan penolakan terhadap jantung babi yang dia terima.

Faucette menjalani prosedur bedah eksperimental ini atas keinginannya sendiri. Dia tidak bisa menerima donor organ dari manusia karena memiliki sejumlah masalah kesehatan lain.

Baca Juga

Pria berusia 58 tahun tersebut menjalani prosedur transplantasi jantung babi pada 20 September 2023. Jantung babi yang digunakan dalam prosedur ini telah dimodifikasi secara genetik terlebih dahulu sebelum ditransplantasikan pada tubuh Faucette.

Pada bulan pertama setelah transplantasi dilakukan, kondisi Faucette tampak sehat. Namun beberapa hari lalu, tubuh Faucette mulai menunjukkan tanda-tanda penolakan. Pada Senin (30/10/11), Faucette dinyatakan meninggal dunia oleh dokter.

 

Istri Faucette, Ann, mengungkapkan bahwa Faucette sudah menyadari bahwa sisa hidupnya tak akan lama. Ann menambahkan, Faucette hanya ingin mencoba kesempatan terakhir dengan menjalani prosedur transplantasi tersebut agar bisa bersama dengan keluarganya lebih lama lagi. Selain itu, dia juga berharap prosedur yang dia jalani bisa membawa manfaat bagi orang lain.

"Dia tidak pernah membayangkan bahwa dia bisa bertahan hingga selama ini," ujar sang istri, seperti dilansir //Metro// pada Rabu (1/11/23).

Prosedur transplantasi jantung babi pada Faucette dipimpin oleh dokter bedah dari University of Maryland Medical Center. Sang dokter mengungkapkan bahwa harapan terakhir dari Faucette adalah bisa membantu para dokter untuk melakukan yang terbaik dalam inovasi ini.

Transplantasi jantung babi pertama dilakukan oleh....

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement