Ahad 18 Feb 2024 14:25 WIB

Manfaat Humor dan Tawa yang tak Disangka, Bisa Kuatkan Jantung?

Humor dan tawa disebut berdampak besar bagi kesehatan fisik, mental, dan sosial.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Komedian sedang menampilkan humor yang mengundang tawa (ilustrasi). Ada beberapa manfaat kesehatan dari humor dan tawa.
Foto: Dok. Freepik
Komedian sedang menampilkan humor yang mengundang tawa (ilustrasi). Ada beberapa manfaat kesehatan dari humor dan tawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selera humor yang sehat menjadi hal yang sangat membantu bagi seseorang untuk melewati masa-masa sulit. Tidak hanya itu, humor dan tawa rupanya memiliki dampak yang lebih besar lagi, baik untuk kesehatan fisik, mental, dan sosial.

Saat seseorang menertawakan lelucon atau meme yang dikirimkan oleh teman atau menonton tayangan monolog komedian, itu bisa meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikologis. Berikut ini tujuh manfaat kesehatan dari humor dan tawa, dikutip dari laman Verywell Mind, Ahad (18/2/2024): 

Baca Juga

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Tertawa bisa meningkatkan detak jantung sekaligus menurunkan tekanan darah, sama seperti respons tubuh saat berolahraga. Studi menemukan bahwa orang yang jarang tertawa 1,21 kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan yang tertawa setiap hari.

2. Mengurangi rasa sakit fisik

Direktur manajemen nyeri di Scripps Center for Integrative Medicine, Robert Bonakdar, mengatakan tertawa berkontribusi dalam mengurangi persepsi tubuh terhadap rasa sakit. Studi telah membuktikan bahwa tawa bisa meningkatkan ambang rasa sakit.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur lebih nyenyak termasuk salah satu dampak baik dari sering tertawa. Dalam sebuah penelitian skala kecil, penghuni rumah sakit perawatan jangka panjang yang melakukan sesi terapi tertawa menunjukkan kualitas tidur yang meningkat dan berkurangnya depresi.

4. Meningkatkan imunitas

Sistem kekebalan tubuh bisa meningkat jika seseorang lebih sering tertawa. Itu akan membuat tubuh lebih tahan terhadap penyakit.  Dengan tertawa, sel-sel yang memproduksi antibodi akan meningkat, berimbas pada efektivitas sel T dalam tubuh.

5. Mengurangi stres

Bukti klinis menunjukkan, terbuka terhadap humor dan sering tertawa mengurangi kortisol, hormon yang bersirkulasi ke seluruh tubuh saat seseorang dilanda stres. Penurunan kortisol penting karena kadar kortisol yang tinggi membebani sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan daya ingat

Manfaat lain dari menyukai humor adalah dapat meningkatkan retensi memori. Ketika humor yang relevan dipadukan dengan sebuah fakta, seseorang cenderung memiliki ingatan yang lebih baik terhadap fakta tersebut. Hal ini sudah terbukti dalam sebuah penelitian.

7. Membantu memahami diri sendiri dan orang lain

Terapis Bianca L Rodriguez menyoroti manfaat humor dalam aspek sosial. Ini berhubungan dengan pemahaman seseorang tentang dirinya sendiri dan orang lain. "Humor sangat penting untuk meningkatkan empati dan kasih sayang," ujar Rodriguez. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement