Rabu 23 Nov 2022 15:52 WIB

Feses Berwarna Hijau tak Selalu Terkait Makanan, Apa Pemicu Lainnya?

Ada sejumlah kondisi yang dapat membuat feses berwarna hijau.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Bentuk, tekstur, dan warna feses dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kloset. Bentuk, tekstur, dan warna feses dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berbicara tentang tinja atau feses, orang biasanya hanya khawatir jika tampak merah dan lega ketika warnanya cokelat. Akan tetapi, bagaimana kalau warnanya hijau?

Jika feses berwarna merah atau lembap, itu bisa menjadi tanda pendarahan internal dan berpotensi kanker usus. Namun, warna hitam dan merah bukan satu-satunya yang bisa menjadi tanda waspada, melainkan hijau yang dapat menandakan masalah.

Baca Juga

Meskipun kedengarannya tidak biasa, beberapa orang melaporkan warna feses mereka menjadi hijau. Dikutip dari laman Express.co.uk, Senin (21/11/2022), Matron Cheryl Lythgoe dari Benenden Health mengatakan feses bisa menjadi hijau karena berbagai alasan.

Feses hijau mungkin terkait dengan pola makan, terutama jika mengasup sayuran berklorofil. Misalnya, bayam atau kangkung.

Selain itu, feses juga bisa berwarna hijau akibat makanan yang bergerak terlalu cepat melalui usus, misalnya ketika mengalami diare atau masalah pencernaan lainnya seperti penyakit Crohn atau Celiac. Ini berarti empedu tidak dapat dipecah dengan cepat menyebabkan semburat kehijauan pada feses.

Namun, bukan hanya diet atau kecepatan makan yang dapat menjadi penyebab perubahan warna yang tidak biasa tersebut. Hal ini bisa pula akibat konsumsi obat.

"Beberapa obat dapat menyebabkan kotoran berwarna hijau, antibiotik, misalnya, dapat memengaruhi bakteri baik di usus yang selama ini membuat warna cokelat pada kotoran Anda," kata Lythgoe.

Selain itu, organisme jahat dan berbahaya juga dapat menyebabkan perubahan warna tersebut. Lythgoe menyebut bakteri yang menyebabkan keracunan makanan seperti Salmonella, dan virus seperti Norovirus juga dapat menyebabkan kotoran berwarna hijau.

Gejala keracunan makanan meliputi:

• Merasa sakit (mual)

• Diare saat sedang sakit (muntah)

• Keram perut

• Suhu tinggi 38 derajat Celsius atau lebih

• Merasa tidak enak badan secara umum.

"Jika feses Anda hijau dan ada gejala lain seperti nyeri, diare berulang, atau muntah yang tidak kunjung membaik, segera buat janji temu dengan penyedia layanan kesehatan Anda," ujar Lythgoe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement