Jumat 25 Mar 2022 12:54 WIB

Pernah Operasi Plastik Saat Remaja, Bella Hadid Ungkap Bahayanya

Bella Hadid menjalani operasi plastik pada usia 14 tahun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Model AS Bella Hadid mengaku pernah menjalani operasi plastik pada usia 14 tahun.
Foto:

Penelitian terbaru oleh Rod J Rohrich dan Min-Jeong Cho selaku ahli bedah plastik bersertifikat menemukan beberapa pedoman yang memastikan operasi plastik remaja dilakukan dengan tepat. Operasi hidung atau telinga dapat dilakukan dengan aman oleh ahli bedah bersertifikat, namun dalam banyak kasus, termasuk remaja, prosedur kosmetik lainnya tidak direkomendasikan.

"Pembesaran payudara, sedot lemak, atau suntikan biasanya tidak direkomendasikan untuk anak di bawah umur karena beberapa alasan, termasuk kurangnya penelitian," kata dr Rohrich.

Akar masalahnya saat ini adalah remaja yang cemas dengan pandangan orang lain. Prosedur kosmetik meningkatkan kepercayaan diri dengan memberikan lebih banyak dorongan psikologis pada remaja daripada perubahan fisik yang sebenarnya, terutama mereka yang diintimidasi atau memiliki harga diri yang buruk.

Menurut dr Steven Pearlman, ahli bedah plastik wajah bersertifikat, meskipun operasi legal bagi ahli bedah plastik, tetapi penting bagi remaja untuk memiliki kedewasaan emosional untuk menghargai risiko menjalani prosedur. Mereka berisiko mengalami efek seperti infeksi, pendarahan, dan jaringan parut untuk operasi hidung, menurut American Society of Plastic Surgeons.

Zuckerman berpendapat bahwa idealnya, ahli bedah perlu lebih bijaksana. Sebaiknya tunda operasi tertentu pada remaja, setidaknya sampai usia 18 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement